Minggu, 07 Maret 2010

DAFTAR ISI


I. KAPAN NAMA ALLAH MULAI DIGUNAKAN ?
(A) Allah dalam bahasa Arab
(B) Allah yang Esa dan Kekal

II. NAMA ALLAH DI KALANGAN ARAB KRISTEN

III. PENGGUNAAN NAMA ALLAH DALAM ALKITAB
(A) Alkitab bahasa Arab



6 Maret 2010 oleh Fajar Yehuda



I. KAPAN NAMA ALLAH MULAI DIGUNAKAN?


Inilah berita hangat berturut-turut dari Malaysia di sekitar pergantian tahun 2009 ke 2010. Berita demikian sebenarnya tidak aneh, karena ada sebagaian orang Malaysia yang berwatak ego-posesif. Bayangkan angklung, reog, batik, dan lainnya yang milik Indonesia diklaim sebagai miliknya dan sekarang nama "Allah" bahasa milik orang Arab diklaim sebagai milik mereka pula, padahal itu bukan bahasa ibu mereka.

Pada tahun 2007, otoritas Islam Majelis Agama Negeri Perlis mengeluarkan FATWA bahwa: "Tidak ada yang salah sama sekali dengan non-muslim menggunakan nama Allah." Gejala fundamentalis demikian memang baru karena orang Arab sendiri baik yang beragama Kristen, Yahudi maupun Islam dari dahulu sampai sekarang menggunakan nama "Allah" itu bersama-sama untuk menunjuk Allah Monotheisme Abraham yang mereka sembah meskipun masing-masing agama memiliki pengajaran (doktrin/akidah) yang berbeda. Sekalipun pengadilan Malaysia dan banyak ulama tidak melarang penggunaan nama itu, namun adanya sentimen kelompok radikal tertentu dalam agama yang memaksa kehendak mereka terhadap kelompok agama lain menjadikan pencekalan dan tindakan anarki itu terjadi. Gejala fundamentalisme demikian juga terjadi di kalangan sekte (bidat) Kristen di Indonesia yang terpengaruh Yudaisme (Gerakan Nama Suci) yang juga memaksakan kehendak mereka dan ada yang menuntut badan-badan Kristen ke pengadilan agar menarik semua Alkitab dan buku-buku Kristen yang memuat nama "Allah", namun dengan motivasi berbeda.


Kelompok sekte Kristen ini mengganggap bahwa nama 'Allah' adalah nama untuk mengacu pada Hubal (Dewa bulan) yang disembah bangsa Arab. Jadi menurut mereka nama 'Allah' dalam Alkitab sebaiknya diganti dengan nama diri "Yahweh" (YHWH) yang merupakan Elah Yisrael (Allah Israel). Mereka tidak mengetahui dan memahami bahwa sebelum zaman Muhammad dan Islam, orang Arab yang beragama Yahudi dan Kristen sudah menggunakan nama 'Allah' untuk mengacu kepada Yahweh (YHWH) dan Yesus Kristus. Jadi permasalahannya bukan terletak pada nama Allah itu sendiri, tetapi kepada Oknum Tuhan yang manakah orang menyembah dengan menggunakan nama 'Allah'. (paragraf ini ditambahkan, Red)


A. Allah dalam bahasa Arab

Apakah nama "Allah" itu milik agama Islam? Kalau benar, mengapa sudah digunakan jauh sebelum agama Islam lahir? Nama Allah sudah ada setua kelahiran bahasa Arab. Jauh sebelumnya di Mesopotamia di mana rumpun Semitik bermula, orang-orang sudah mengenal nama El atau Il sebagai nama dewa tertinggi dalam pantheon Babilonia namun bagi sebagian besar keturunan Sem (di mana nama rumpun Semitik berasal) nama itu dimengerti sebagai Tuhan Yang Mahaesa Pencipta Langit dan Bumi.


1) Nama El berkembang ke wilayah utara dan barat menjadi Ela atau Elah dan di daerah Aram-Siria nama itu disebut Elah/Alaha dan di kalangan Ibrani disebut El/Elohim/Eloah.

2) Nama Il berkembang ke wilayah timur dan selatan menjadi Ila atau Ilah dan di kalangan Arab disebut Ilah/Allah.


Catatan tertua pada milenium kedua sebelum zaman Yesus Kristus menyebutkan, keturunan Abraham yang disebut suku-suku Arab, khususnya Ibrahimiyah dan Ismaelliyah yang dikenal sebagai kaum Hanif (jamak: Hunafa) menyebut nama "Allah" sejak berkembangnya bahasa Arab. Ensiklopedia Islam menyebut bahwa: "Gagasan tentang Tuhan yang Esa yang disebut dengan nama Allah, sudah dikenal oleh bangsa Arab kuno…..kelompok keagamaan lainnya sebelum Islam adalah Hunafa, sebuah kata yang pada asalnya ditunjukan pada keyakinan monotheisme zaman kuno yang berpangkal pada ajaran Ibrahim dan Ismail." (hal. 50-51).


Inskripsi suku Lihyan mengungkap catatan abad ke-5/6 SM (semasa Ezra) bahwa nama 'Allah' sudah digunakan. Ada yang memberi stigmatisasi bahwa "Allah" adalah nama berhala Siria kuno namun kenyataannya inskripsi Lihyan sebagai pusat penyembahan "hlh" sehingga nama 'Allah' tidak tertuju untuk "dewa Siria".

B. Allah yang Esa dan Kekal

Perlu disadari bahwa inskripsi di Arab utara (Sabean, Lihyan, Tamudic, Safaitic) menunjukan bahwa Lihyan merupakan pusat penyembahan "Allah" dan disana berkembang dialek-dialek Arab yang mana ada yang menggunakan kata sandang "al", tetapi juga "ha" untuk menunjukan Tuhan yang satu itu. Winnet dalam penelitiannya atas inskripsi Lihyan menyebutkan bahwa pujian kepada Allah dalam inskripsi itu bersifat netral dan bisa diarahkan kepada sesembahan oknum mana saja tetapi teks Lihyan menunjukan adanya kata kunci "abtar" yang hanya ada dalam Al-Qur'an (QS.108) yang mengarah kepada 'Allah yang Esa dan Kekal'(QS.112). "Inskripsi Arab utara. …Nama-nama Allah pertama menjadi umum di teks Lihyan. …Bukti ditemukannya nama Allah menunjukan bahwa Lihyan adalah pusat penyembahan Allah di Arab. "Orang Siria menekankan kata benda umum "allah" ('a' kecil) menjadi nama diri dengan menambahkan nama elemen "a" : allaha = "the god" lalu menjadi "God" ketika orang Lihyan mengambil alih nama diri Allaha, nama itu diarabkan dengan menghilangkan elemen "a" sehingga menjadi Allah.(F.V.Winnet, Allah before Islam, dalam The Muslim world, Vol.38,1938,hlm.245-248).


Inskripsi Lihyan abad ke-5/6 SM berada di Arab utara berasal dari bahasa Nabatea Arami yang letaknya tidak jauh dari Yerusalem yang dikenal Kitab Ezra dan Daniel yang sezaman yang memuat nama Aram "Alaha" yang ditujukan kepada "Elah Yisrael" / Allah Israel. (Ezra 5:1; 6:14). Lagipula, pendahulu suku Lihyan adalah suku Dedan yang adalah keturunan Dedan cucu Ketura, isteri Abraham, tentu ada kaitannya dengan kaum Hanif. Studi yang sama dikemukakan Trimingham dalam bukunya Christianity Among the Arabs in Pre-Islamic Times, yaitu bahwa nama "Allah", sudah lama digunakan di kalangan suku-suku Arab, termasuk oleh orang Kristen dan berasal dari "Alaha" Aram yang dalam Kitab Ezra ditujukan kepada "Elah Yisrael". Bahasa Arab diketahui berkembang dari nabati-Aram. (penekanan ditambahkan, Red). Jadi, adanya dugaan bahwa "Allah" sesembahan Lihyan itu adalah Dewa Siria SANGATLAH TIDAK BENAR tetapi telah diketahui bahwa nama itu (Allah) ditujukan kepada "Alaha" Aram yang menunjuk kepada "Elah Yisrael" (Allah Israel).


II. NAMA ALLAH DI KALANGAN ARAB KRISTEN

Berbeda dengan anggapan bahwa orang Yahudi dan Kristen Arab semula menyebut Al-Ilah dan baru pada masa Islam mereka dipaksa menggunakan nama "Allah". FAKTA SEJARAH menunjukan bahwa sejak awal orang Arab beragama Yahudi dan Kristen sudah menggunakan nama 'Allah' dalam Ibadat mereka. Nama 'Allah' digunakan di kalangan Arab beragama Yahudi dapat diketahui bahwa sebelum Islam lahir ada Imam Sinagoga di Medinah yang bernama Abdallah bin Saba, dan di kalangan Kristen penggunaan nama 'Allah' juga banyak digunakan. Kekeristenan di daerah Arab sudah sudah dimulai sedini abad pertama dimana orang Arab sudah mendengar khotbah Yesus (Markus 3: 7-8) dan di hari Pentakosta mereka mendengar dalam bahasa Arab (Kis. 2:11), dan Paulus mengunjungi jemaat Kristen Arab (Galatia 1: 17).

Pada tahun 244 seorang Arab Kristen Philip the Arab menjadi Kaisar Roma dan pada Konsili Nicea (325) hadir 6 uskup Arab dari kawasan imperium Romawi dan 3 uskup lainnya dari kawasan Arab non-Romawi. Hal ini menunjukan bahwa umat Kristen Arab dengan bahasa Arabnya sudah menyebar bahkan menduduki jabatan tinggi Kaisar Romawi dan Uskup jemaat Arab. Peter Pacerillo, arkeolog Franciscan menemukan rumah-rumah di Siria, Lebanon dan Palestina dari abad ke-4 (300 tahun sebelum Islam) dengan inskripsi "Bism Ellah al Rahmani al Rahimi" (Dalam nama Allah yang pengasih dan penyayang), sedangkan pada Konsili Efesus (tahun 431) hadir Uskup Arab bernama Abdellas (Abdullah, band. dengan "Wahab Allah" yang diterjemahkan ke bahasa Yunani sebagai "ouaballas"). Dalam fragmen pra-Islam yang ditemukan pada tahun 1901 di Damaskus ada teks LXX Mazmur 78 di mana "hotheos" (Elohim) diterjemahkan ke dalam bahasa Arab yang ditulis dengan aksara (abjad) Yunani sebagai "allau" (ayat 22, 31, 59), dalam inskripsi itu huruf "ha" Arab ditulis sebagai "upsilon" Yunani.

Bambang Norsena SH yang mengambil pascasarjana dalam sastra Arab di Kairo selama 2 tahun, dalam bukunya menyatakan bahwa sebelum zaman Islam, pemakaian istilah 'Allah' di lingkunagn Kristen bisa dilihat dari sejumlah inskripsi dari masa pra-Islam yang ditemukan disekitar wilayan Siria di mana nama Al-Ilah dan Allah disebut.

"Ada 2 inskripsi penting: pertama, inskripsi Zabad (tahun 512 / abad ke-6) yang diawali dengan rumusan "Bism al-Ilah" (Dengan nama Al-Ilah) yang kemudian disusul dengan nama-nama Kristen Syria dan kedua, inskripsi "Umm al-jimmal" (juga berasal dari abad ke-6 M) yang diawali dengan ucapan "Allahu ghafran" (Allah mengampuni)." (History of Allah, hlm 10).

Inskripsi "Allahu ghafran" digambarkan dengan jelas dalam buku Islamic Caligraphy oleh Yasin Hamid Safadi (London: Thames and Hudson Limited, 1978, hlm.6). Noorsena juga menyebutkan bahwa ada teks Aram Suryani masa itu dimana nama Alaha diterjemahkan menjadi teks Allah Arab: "Risalah fit at Tadbir al-Khalash li Kalimat Allah al-Mutajjasad (Bahasa Suryani Arab), karya Mar Ya'qub al-Rahawi (James of Eddesa), Buku ini diawali kalimat: Allah…..., menerjemahkan teks asli yang diawali: Alaha….(Teks asli Suryani ditulis tahun 578 M)". (The History of Allah, hlm.12).

Allah sudah dikenal di Arab, Ia adalah satu dari banyak sesembahan yang disembah di Mekah kemungkinan sebagai Tuhan yang Mahakuasa dan tentu saja Tuhan pencipta. Ia sudah dikenal sejak dulu sebagai "Allah,"Al-Ilah (asal kata yang paling mungkin, saran lainnya adalah "Alaha" Aram). (Brill, vol I hlm.406). "Sebagian besar beranggapan nama diri Allah ada asalnya (mushtakk, mankul), kontraksi al-ilah, dan menganggap ilah adalah tiga huruf akar kata." (Brill, vol III hlm. 1093).


"Allah merupakan suatu nama Hakikat atau kepercayaan yang bersifat mutlak. Agaknya kata Allah merupakan pengkhususan dari kata al-ilah, ….Nama Allah telah dikenal dan dipakai sebelum Alquran ada…, Kata itu tidak hanya khusus bagi Islam saja, melainkan ia juga merupakan nama yang, oleh umat Kristen yang berbahasa Arab dari gereja-gereja Timur, digunakan untuk memanggil Tuhan." (Glasse, Ensiklopedia Islam, hlm.23).

Selain dalam inskripsi dan nama, sejak awal Injil bahasa Arab juga menggunakan nama "Allah". Alkitab Peshita dalam bahasa Aram ditulis pada abad ke-2 di mana El/Elohim/Eloah Ibrani ditulis "Elah/Alaha". Seperti diketahui dari inskripsi Lihyan abad ke-5/6 dan sejarah bahasa bahwa "Alaha" Aram menurunkan "Allah" Arab Nabatea dan bahasa Arab.

Dalam injil karya pernulis Gnostik "Apokrif Infancy Gospel of Thomas" (injil Tomas) pada abad ke-2, ada cerita mengenai Allah yang mengizinkan Yesus membuat mujizat burung dari tanah liat yang akhirnya dikutip dalam injil Anak-anak apokrif dalam bahasa Arab 'injilu't Tufuliyyah' dan kemudian diceritakan dalam Alquran (QS 5 110). Pada abad ke-3 Origenes menulis dalam introduksi Hexapla bahwa ia berkonsultasi dengan salinan bahasa lain termasuk Arab, paling tidak ini berarti bahwa pada abad ke-3 sudah ada fragmen Alkitab dalam bahasa Arab.

Data Alquran sendiri mendukung adanya penggunaan nama 'Allah' sebelumnya dan menyebut bahwa pada masa Islam, di Gereja dan sinagoga sudah banyak disebut nama 'Allah', itu berarti bahwa pada masa pra-Islam nama 'Allah' sudah digunakan oleh umat Yahudi dan Kristen. Sebelum menjadi nabi bagi umat Muslim, Muhammad pernah berelasi dengan biarawan Nestorian (bidat Kristen) Waraqah ibn Nawfal yang adalah sepupu Khadijah (Isteri Muhammad).


Dari kenyataan di atas kita mengetahui bahwa pada masa dahulu, apalagi pada masa bahasa lisan pratulis, penggunaan nama "Allah" terjadi sebagai derivasi Allaha Aram, padanan/kontraksi Al-Ilah, maupun sebagai nama yang berdiri sendiri. Tetapi menarik untuk disimak bahwa di Timur Tengah, penggunaan nama Allah oleh mereka yang beragama Yahudi, Kristen dan Islam yang berbahasa Arab dilakukan bersama tanpa masalah sejak awalnya.


III. PENGGUNAAN NAMA ALLAH DALAM ALKITAB


Tidak menutup kemungkinan bahwa di kalangan Arab Lihyan dan Arab Jahiliah pra-Islam, selain kaum Hanif/Hunafa yang menyembah Allah Monotheisme Abraham/Ibrahim, ada juga penyembah-penyembah berhala yang menyebut dewa mereka dengan sebutan 'allah' pula ("a"kecil). (penekanan ditambahkan, Red). Dalam sejarah Arab, masa jahiliah pra-islam lah yang disebut sebagai masa sinkretisme yang diimpor berhala asing, sehingga banyak yang menyembah berhala (termasuk dewa bulan "Hubal"). Hubal adalah berhala yang disembah oleh bangsa Arab sebelum zaman Islam. Hubal dilambangkan dengan bulan sabit. Namun, tampaknya pada masa Islam hadir, keyakinan monotheisme kaum Hanif itu dipulihkan kembali.

"Gagasan tentang Tuhan Yang Esa yang disebut dengan nama 'Allah' sudah dikenal oleh bangsa Arab kuno. …Kelompok keagamaan lainnya sebelum Islam adalah Hunafa (tunggal: Hanif), sebuah kata yang pada asalnya ditujukan pada keyakinan monotheisme zaman kuno yang berpangkal pada ajaran Ibrahim dan Ismail. Menjelang abad ke-7 kesadaran agama Ibrahim dikalangan bangsa Arab ini telah hilang dan kedudukannya digantikan oleh sejumlah pemujaan berhala,…dalam 20 tahun seluruh tradisi Jahiliyyah tersebut terhapus oleh ajaran 'tuhan' yang terakhir, yakni Risalah Islam." (Ensiklopedia Islam, hlm. 50-51).

Di kisahkan bahwa Muhammad dengan para pengikutnya berperang menghancurkan para pemuja berhala dan menghancurkan patung-patung berhala mereka, salah satu diantaranya adalah Hubal. Sekalipun Muhammad menghancurkan segala patung berhala di tanah Arab namun agaknya ia tidak berniat untuk menghancurkan batu Hajar Aswad (batu hitam), yang merupakan batu yang disembah oleh salah satu suku di tanah Arab. Alquran menyebutkan bahwa Muhammad sangat menghormati batu itu dengan menciuminya.(paragraf ini ditambahkan,Red)


Kemerosotan dan penyimpangan penggunaan kata 'Allah' tidak hanya terjadi di kalangan Arab, sebab dikalangan Israel pun kemerosotan yang sama juga terjadi. "Elohim" di samping untuk menyebut "Pencinta langit dan bumi" (Kejadian 1:1) juga digunakan untuk menyebut dewa "berhala anak lembu" (Keluaran 32: 1.4) dan bahkan juga dirayakan sebagai Yahweh (Keluaran 32:4). Penyimpangan penyembahan bangsa Israel ini mendatangkan murka Yahweh sehingga bangsa Israel menerima hukuman atas dosa besar yang telah diperbuatnya.


Jadi disini kita melihat bahwa yang menjadi masalah bukan nama "Elohim/Allah" itu sendiri, melainkan apa kandungan akidah/pengajaran dibalik nama itu yang secara berbeda-beda diajarkan dalam Kitab Suci masing-masing agama. Kebenaran sejarah tidak dapat diubah dan perlu disadari bahwa nama "Ilah/Allah" (Arab) memiliki asal mula yang sama (cognate) dengan El/Elohim/Eloah (Ibrani) dan Elah/Alaha (Aram) ataupun El/Il Semitik (Mesopotamia) yang dipercayai beberapa agama sebagai dewa, tuhan tertinggi tetapi juga digunakan sebagai "Tuhan Yang Maha Esa Pencipta langit dan bumi".


Perlu di sadari bahwa sekalipun agama Yahudi (Tanakh), Kristen (PL+PB) dan Islam (Alquran) dalam bahasa Arab menggunakan nama Allah yang sama dan menyebutnya sebagai "Tuhan Monotheisme Abraham/Ibrahim" ketiganya mempercayai pengajaran (doktrin/akidah) yang berbeda sesuai Kitab Suci masing-masing. Kerancuan terjadi karena mencampuradukkan nama "Allah" sebagai nama sesembahan semitik/abrahamik dalam bahasa Arab dan pengajaran (doktrin) mengenai Allah yang sama itu. Karena itu, kalau mau membandingkan adalah: antara Allah Arab Kristen disbanding Allah Arab Islam. Hal ini agar tidak terjadi kesalah pahaman dan kerancuan.

Coba kita simak wejangan Dr Olaf Schuman, teoloh Kristen Jerman yang fasih berbahasa Arab yang selama 3 tahun belajar dan mengajar di Universitas Al-Ashar di Kairo: "Memang tidak dapat disangkal adanya suatu masalah. Namun, yang menjadi masalah adalah soal dogmatika atau akidah, sebab tiga agama itu (Yudaisme, Kristen, Islam) mempunyai faham dogmatis yang berbeda mengenai Allah yang sama, baik hakikatnya maupun pula mengenai cara penyataan dan tindakan-tindakannya." (Keluar dari Benteng-Benteng Pertahanan, hlm.177).


A. Alkitab bahasa Arab

Sejak awal, nama Allah terus digunakan dalam Alkitab bahasa Arab, termasuk delapan versi yang sekarang digunakan oleh sekitar 29 juta umat Kristen Arab di seluruh dunia. Pada tahun 1671, gereja Katolik Roma menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa Arab di Roma dan terjemahan lengkap terbit tahun 1880, namun yang lebih populer dikalangan Protestan dan gereja Ortodok adalah "Arabic Bible" (Van Dijke, 1865) yang diterbitkan di Beirut. Catholic Translation of the Bible yang diterbitkan tahun 1880 kemudian direvisi pada tahun 1988. New Translation of the Arabic Bible (1988) yang disebut 'Book of Life, an interpretative translation' (Kitab Al Hayat, tarjama tafsiria) kemudian menjadi 'New Arabic Version' (1992), dan pada tahun yang sama terbit juga 'Today Arabic Version' (Good News).


Dalam hubungan dengan kaum Muslim, pada tahun 1980-an, di Mesir ada kalangan Kristen yang menerbitkan Perjanjian Baru untuk dibaca oleh kalangan Muslim yang disebut 'The Noble Gospel' (Al-Injil Al-Syarif, 1990) dan seluruh Alkitab pada tahun 1999. Ada usaha menarik dari penulis Siria-Arab Mashaz Mallouhi (2008) yang mengumpulkan para pakar Arab Islam dan Kristen untuk duduk bersama membuat terjemahan Kitab Injil dan Para Rasul dengan nama 'The True Meaning of the Gospel of Chirst' ke dalam bahasa Arab modern yang ditujukkan kepada orang Arab Kristen ataupun Arab Islam yang sekaligus dimaksudkan sebagai pelajaran sejarah sastra Arab dengan membahas terminology bahasa Arab Alkitab yang sekarang sudah tidak umum digunakan dalam bahasa Arab modern. Semua versi Alkitab Arab hanya mengenal satu istilah untuk Tuhan, yaitu "Allah" (disamping Ar-Rabb untuk menyebut Adonai yang tertuju YHWH/Yahweh).

Di Indonesia sejak masuknya agama Islam (abad ke-13) dan Kristen (abad ke-16), nama Allah sudah terserap dalam bahasa Melayu dan kemudian masuk kosa-kata bahasa Indonesia, dan sudah digunakan sedini ditulisnya terjemahan Alkitab Melayu pada tahun 1629 sampai terjemahan Alkitab Indonesia (LAI). Sekalipun Indonesia memiliki populasi Islam terbesar di dunia selama ini tidak ada yang mempersoalkan penggunaan nama "Allah" itu, karena para pakar dan ulama Islam pada umumnya mengerti bahwa nama Allah itu digunakan bersama dalam agama Yahudi, Kristen dan Islam kecuali dipersoalkan oleh sekelompok kecil fundamentalis tertentu akhir-akhir ini. Di Malaysia, usaha penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Melayu (BM) dimulai pada tahun 1974. Perjanjian Baru diterbitkan pada tahun 1976 dan Perjanjian Lama pada tahun 1981. Alkitab bahasa Melayu (BM) lengkap diterbitkan pada tahun 1987 oleh The Bible Society of Singapore, Malaysia and Brunei. Pada tahun 1990, dimulai penerjemahan ke bahasa Melayu sehari-hari dan pada tahun 1996 terbit Alkitab Berita Baik yang diterbitkan oleh The Bible Society of Malaysia. Semua Alkitab bahasa Melayu menulis nama "Allah".

Sumber: Tulisan ketua Yabina Ministry di surat kabar Suara Pembaruan hal. 13, edisi Sabtu tanggal 6, 13 dan 20 Februari 2010.

209 komentar:

  1. ada baiknya pihak kristen tidak menggunakan nama tuhan dgn allah karena allah tidak memiliki anak (biar beda) dan pihak islam tetap berperinsip agamaku adalah agamaku , agamamu adalah agamamu jadi tidak ada lagi beda pendapat yang akhirnya terjadi permusuhan yg akibatnya pelarangan orang beribadah dan pembakaran tempat ibadah. teguhlah pd iman kalian masing2 dan percayalah apa yang kalian percayai ... amen

    BalasHapus
    Balasan
    1. to marry vergas

      tanggapan:

      1. istilah 'anak' bagaimana yg anda maksud? secara biologiskah?
      kalau maksudnya anda seperti dugaan saya diatas berarti tuduhan anda salah alamat. :)

      2. Mari kita lihat akar dari sikap anti-toleransi umat beragama yang anda maksud itu antara islam & Kristen. untuk lebih jelasnya langsung ke sumber ajarannya: Alkitab PL&PB VS Alquran + Hadist.

      FAKTANYA:
      Didalam Alkitab PL & PB tidak ada satupun ayat yang memerintahkan untuk MENGHINA ajaran Islam, untuk MEMBUNUH orang islam, mengkafirkan orang Islam atau MENUDUH bahwa ajaran Islam adalah ajaran palsu.

      sekarang coba tenggok Alquran & Hadist:
      banyak sekali ayat-ayat yang memerintahkan untuk MEMBUNUH orang Kristen, MENUDUH ajaran Kristen adalah palsu, MENYATAKAN bahwa umat Kristen adalah orang kafir dan ayat yang MEMPERBOLEHKAN MENINDAS orang Kristen. bahwa MENGOLOK-OLOK ajaran Kekeristenan yang memuliakan Yesus (Isa).

      Ajaran Alkitab tidak usil dengan iman Islam anda lalu kenapa ajaran anda usil sama ajaran yg kami percayai.
      ACTIONS SPEAKS LOUDER THAN WORDS.
      mari kita berpikir bijaksana: dimanakah akar sikap anti toleransi itu berasal. Mari kita hidup dalam damai dan marilah kita pakai akal sehat dalam beriman bukan asal koar-koar tanpa tau asal muasal permasalahannya.

      Tuhan Yesus memberkati anda :)

      Hapus
    2. Cobalah berpikir dialektis... tesa-anti tesa-sintesa... tesa ndak mungkin mendahului anti tesa.. tanpa tesa dan anti tesa ndak mungkin timbul sintesa... dari situ kita akan dapatkan bahwa kristen adalah tesa sedangkan islam adalah anti tesa... makanya islam beranggapan sebagai koreksi terhadap kristen.. jadi ndak mungkin kristen mengkoreksi islam (jadi tesa) karena kristen datangnya lebih dulu sebelum ada islam.. mungkinkah ada sintesa diantara keduanya? kita perlu menyapakati dulu metodologi yang digunakan... dan yang penting adalah kita harus tanggalkan dogma yang membelenggu dan sikap fanatik membabi buta terhadap keyakinan yang kita miliki... intinya kita harus open mind lah atas "kebenaran sejati"... Salam Damai

      Hapus
    3. to aanmoxers

      Islam TIDAK MEMILIKI otoritas untuk mengoreksi Alkitab PL dan PB. tetapi Alkitab PUNYA OTORITAS untuk MENGOREKSI ajaran Alquran yang penuh historical error dan contextual error.
      Ajaran Alkitab PL sudah ada 2000 tahun sebelum Alquran dan PB sudah ada 600 tahun sebelum Islam. Ingat, sumber2 yang KESAHIHANNYA dapat dipertanggung jawabkan adalah SUMBER PRIMER, bukannya sumber2 sekunder dan seterusnya...
      jadi, tulisan2 Alquran TIDAK DAPAT DIJADIKAN acuan dasar dalam memahami tokoh2 Alkitab yang hidup ratusan bahkan ribuan tahun sebelumnya.

      cobalah berpikir sebagai seorang akademisi yang TIDAK TERBELENGGU oleh iman buta yang terkesan religius dan juga sikap skeptis yg terkesan humanis. dan KEBENARAN SEJATI hanya ada di dalam Yesus Kristus.

      Hapus
    4. fajar yahuda..fikir dulu sebelum nulis..waktu alkitab ditulis risalah islam belum turun..jadi biar kamu bolak balik alkitabmu gak bakal km dapat ..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong bung kalo ngomong itu pake logika. Mana duluan, injil apa Al-Quran? Tentu Injil. Krn injil duluan, ya sdh psti MANA MUNGKINLAH AKAN BERBICARA SOAL ISLAM ATAU ISI KITAB AL-QURAN, YG BELUM LAHIR.

      Kata lu, sbb: "dalam Alkitab PL & PB tidak ada satupun ayat yang memerintahkan untuk MENGHINA ajaran Islam, untuk MEMBUNUH orang islam, mengkafirkan orang Islam atau MENUDUH bahwa ajaran Islam adalah ajaran palsu". ITU MEMANG BENAAARRR !!!

      Skarang skali lg pake tu..logika

      Mana duluan, taurat apa injil? sdh psti taurat. Tentu benar jg kalo dibilang begini:

      “Di dalam taurat tidak ada satupun ayat yang memerintahkan untuk MENGHINA ajaran kristen, untuk MEMBUNUH orang kristen, mengkafirkan orang kristen atau MENUDUH bahwa ajaran kristen adalah ajaran palsu”. Mengapa? Ya, krna memang kristen belakangan lahir, ketimbang Yahudi.

      INGAT: nabi yg ada menurut hadis rasulullah ada lebih dr seribu sejak nabi adam. Coba bayangkan, brapa banyak kitab yang ada dn diturunkan kpd para nabi2 tsb, dn dalm Al-Quran hnya diceriakan beberapa saja, krn mmpunyai misi/pengaruh yg luas. Musa yg mmbawa kitab taurat dn Isa dg injilx, adalah para nabi yg diakui dn dimuliakan. Tp krn prjalanan waktu, ajaran/isi kitab mreka sdh d lencengkan oleh tngan2 jahil dan manusia2 yg tidak bertangungg thd imannya. Akhirnya, datanglah Islam, dn Allah SWT mengatakan dalam kitabnya: sesungguhnya kedatangan Islam, salah satunya datang utk MELURUSKAN ajaran2/kitab2 yg diperbuat oleh umat2 terdahulu.

      OKE NI..ADA PERTANYAAN DIKIT AJA....

      (1) Apa ada yg salah kalau islam ingin mluruskan kitab trdahulu? Liat tu kitab lu.. berkata: Daud menzinahi pembantux. Al-Quran datang mluruskan, bhwa itu fitnah dn Daud adalah seorang nabi yg di muliakan Tuhan. Blum lg soal isa di salib. al-Quran dtang melurusakn, itu fitnah, sbetulnya isa diangkat ke langit, sbg pnggantinya si yudas pengkhianat, yg kuasa Tuhan diserupahi wajahnya spt isa. JADILAH YUDAS YG DISALIB.

      Sampeyan mau bantah pandangan kitab kami silakan, itu hak anda. Tp ingat, smpe kiamat, bicara soal doktrin, ndak pernah ketemu, mendingan sampeyan brsikap mnghargai perbedaan itu..goblokKKK

      (2) apa memang salah kalo islam mnyebut anda KAFIIR??? Kalo sy tidak mnyebut kafir, berarti sy KRISTEN DONG?? Bgitu jg anda. Pasti akan mnyebut kami kafir (cuma istilah yg anda pake lain). Kalo anda bilang kami tdk kafir, berarti anda islam dong.

      Jd DI SINI LAGI2 LOGIKA ANDA BENAR2 BENGKOKKK !!! (smoga kelamin anda juga tidak bengkok, meminjam istilah dari budayawan Emha Ainun Nadjib yg beliau tujukan kpd Salman Rusdi, sang penghina Islam).

      (3) Sdr berani-beraninya memuat di blog ini, sbb: “banyak sekali ayat-ayat yang memerintahkan untuk MEMBUNUH orang Kristen, MENUDUH ajaran Kristen adalah palsu, MENYATAKAN bahwa umat Kristen adalah orang kafir dan ayat yang MEMPERBOLEHKAN MENINDAS orang Kristen. bahwa MENGOLOK-OLOK ajaran Kekeristenan yang memuliakan Yesus (Isa).”

      Coba, tolong tunjukkan ayat2 itu dalam kitab Al-Quran, dan mari kita diskusikan ayat itu. Sy skrang mmpunyai kitab Asbabul Nuzul (kitab yg menceritakan latar belakang turunnya firman Tuhan). Sy akan ladeni anda mndiskusikan firman2 yg anda tuduhkan melalui blog ini, spy smua org tahu, yg mana iblis dan mana manusia di antara kita berdua…

      JADI………….
      Skrang mari kita bicara fakta sj. Kalo smpeyan bilang injil tidak memerintahkan membunuh org islam, nah tu hitung berapa ratus umat muslim yg sampeyan bantai di poso dn ambon??? Pasti loo akan jawab, krn kami diserang, lalu membunuh. Alasan itu, sdh pasti jg sama dg alasan kami sbg umat islam.

      Jd supaya tidak SINTING, mari hargai perbedaan yg ada, jangan mlancarkan fitnah trhadap ajaran2 org lain. Kalo penasaran yg mana sebenarnya agama2/kitab2 yg benar? Ada resep dr saya: , gantung diri aja, mati, lalu ketemu Tuhan yg benar di alam sana. Skali lg, blajar agama, pake itu otak dn hati nurani..jngan pake nafsu setan..SMOGA ANDA DIBERKATI…AMENNN

      Hapus
    2. to Bung Nas

      saya akan jawab pertanyaan anda:

      1. Alquran yang baru muncul 600 tahun setelah Perjanian Baru. TIDAK PUNYA OTORITAS untuk meluruskan keterangan2 historis Alkitab! ajaran Islam BERASUMSI bahwa Yesus yg disebut Isa TIDAK DISALIBKAN. akan tetapi siapakan saksi mata yang melihat kejadian itu??? Alquran DIAM SERIBU BAHASA! anda bilang: Yudaslah yang mengganti Isa untuk disalibkan. hehehe.. :) silahkan anda teruskan khayalan anda. sebab Alquran MASIH DIAM, tidk bisa menyebutkan siapa yg disalibkan itu sesungguhnhya. suatu PERISTIWA akan dianggap sahih dan valid apabila memiliki 2 atau 3 orang saksi mata yg menyaksikan langsung suatu peristiwa.

      2. orang Kristen TIDAK PERNAH mengkafirkan orang Islam. sebab Yesus Kristus disalibkan untuk SEMUA UMAT MANUSIA (apapun itu latarbelakangannya). kalaupun orang Islam cenderung MENGKAFIRKAN kami, orang Kristen, itu masalah anda, kami sih stay cool aja bro :)

      3. pertanyaan ke-3 anda maksudnya apa?? gak jelas..

      note:
      pakailah kata2 yg sopan. kalau tidak mampu berdiskusi dengan kosa kata bahasa yg sopan di blog saya. silahkan anda cari blog lain yg sesuai selera anda.

      Hapus
    3. Janganlah anda berkomentar agama/keyakinan orang lain yang sesungguhnya anda memang belum ketahui secara benar2, sebaiknya anda perdalam dan pelajari terlebih dahulu sampai anda benar2 memahami dan silahkan anda perbandingkan dengan agama yang ada yakini sekarang, kalau anda sanggup silahkan berdebatlah dengan para pemuka agama yang memang sudah memiliki pengetahuan yang mendalam dan realistis, itu akan lebih baik bagi anda untuk membandingkan mana keyakinan/agama yang benar... jangan hanya memberikan komentar dengan tampa bertanggung jawab...

      Hapus
    4. Jika matahari adalah tuhan, apakah tuhan kelelahan menyinari sehingga ia istirahat dan akan bersinar esok hari? Jika yesus tuhan apakah tuhan itu lemah dr org yg menyalibnya? Maka tuhan pasrah saja di salib? Sungguh tdk bs di terima akal sehat jika 1 manusia bsia menebus dosa semua org di dunia ini, ini hanya pemikiran dangkal. Saya hanya akan menyembah tuhan yg maha segala2nya, tuhan yg tdk lelah, tuhan yg tdk lemah, tuhan yg maha kuasa, tuhan yg tdk membutuhkan anak,tuhan yg tdk serupa dg mahluk, karena hanyanmahluk yg membutuhkan anak, membutuhkan mukjizat, tuhan tidak butuh mukjizat.

      Hapus
    5. Pada Unknow.......Tuhan itu bertingkat mulai level 1 sampai level 5.
      Tuhan level 1 itu menempati seorang manusia atau atau sebuah benda atau sebuah bangunan ( ibarat kepala desa .
      Tuhan level 2 itu menempati planet/ bumi( ibarat camat )
      Tuhan level 3 itu di pusat tata surya /matahari (ibarat bupati )
      Tuhan level 4 itu berpusat di blackhole / pusat galaksi( ibarat Gubernur ).
      Tuhan level 5 itu berpusat di pusat jagat raya ( ibarat presiden ).
      Telah saya pelajari bahwa Tuhan umat MUSLIm itu cuma level 1 yaitu Tuhan dalam sebuah bangunan yaitu KAKBAH di ARAB. Buktinya umat MUSLIM harus berkiblat ke kakbah Arab, harus menggunakan bahasa Arab . Bahkan Tuhan ALLAH
      muslim itu TIDAK berdaya. Buktinya ALLAH-nya muslim harus selalu berada dalam kakbah Arab dan harus menggunakan bahasa Arab serta tidak boleh berpindah tempat dari kakbah ARAB.
      Jika TUhan ALLAH muslim itu memang maha KUASA , maka umat muslim harus membuktikannya dengan cara ALLAH pindah ke INDONESIA ,, lalu sholat berkiblat ke INDONEIA, juga sholat menggunakan bahasa Indonesia.. lalu naik haji juga di Indonesia..Jika bukti ini telah terlaksana barulah ALLAH muslim itu maha kuasa... Jika bukti ini tidak bisa terlaksana berati ALLAH-nya MUSLIM itu dipenjara dan dipaksa -paksa oleh hambanya sensiri. Maka kesimpulannya adalah ajaran MUSLIM itu yang maha kuasa itu MUHAMMAD ( bangsa ARAB ) dan sebaliknya TUHAN ALLAHnya malah TIDAK BERKUASA sama sekali....

      Hapus
  3. intinya kalau yesus aja msh bs di salib artinya yesus msh manusia dan yesus adalah makhluk,nah sp kah penciptanya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. to sonny

      Ya Yesus adalah manusia. dan DIA juga adalah Firman Allah.
      Yesus adalah Pencipta yang datang ke dalam manusia menjadi serupa dengan ciptaan-Nya yang telah jatuh kedalam dosa dengan misi menyelamatkan manusia dari hukuman kekal di neraka.

      bacalah Injil Yohanes 1:1-50

      kenallah Yesus bukannya sok kenal terus ambil kesimpulan yang hanya setengah benar. hati2 jangan bermain di wilayah abu-abu. :) :) :) :)

      Hapus
    2. Pada sonny sayya.... Penciptanya yaitu TUHAN yang di atasnya yaitu bisa Tuhan level 2, bisa juga Tuhan level 3 , atau Tuhan level 4, atau bisa juga Tuhan level 5. Sedangkan YESUS itu TUhan level 1.
      Umat Muslim harus instrospeksi didi juga dong.. Yang parah itu jadi TUhannya umat MUSLIM yaitu ALLAH dalam kakbah yang tidak boleh PINDAH..... Huaaaaaa.. Huaaa.. Kasihan sekali TUHAN ALLAH dalam KAKBAH..Inilah balsan saya atas tuduhan sesat .. sirik musrik dan kafir...

      Hapus
  4. mas sonny, Yesus adalah Tuhan... misinya memang utk mati bagi manusia berdosa seperti kita.. di alkitab pun menceritakan Dia pun tahu bahwa dia akan mati tetapi Dia juga berkata akan bangkit pada hari yg ketiga... orang yg tidak percaya akan karya keselamatanNya akan binasa.
    itulah inti dari injil.. tetapi orang islam mengajarkan yesus yg lain..yg tidak pernah mati utk menebus dosa manusia.. dan tdk ada janji yg pasti diberikan dlm ajaran islam tnt keselamatan jiwamu.. Hanya Yesuslah jalan, kebenaran dan hidup..
    jika kebenaran begitu berarti bagimu.. maka carilah.. apakah kamu setuju dgn ajaran islam utk tdk terlalu banyak tanya yg bisa mendatangkan celaka atasmu... kalo Tuhan di dalam alkitab mengijinkan umatNya utk berperkara dgn Dia..
    jika kamu masa bodoh, km terperangkap dlm senjata setan 'masa bodoh'
    islam pun tahu bahwa yg akan datang nanti di hari kiamat adalah Yesus..
    maka Dialah yg akan menjadi Hakimmu.. dan apabila namamu tdk tertulis dlm kitab kehidupan maka km akan dicampakkan di neraka
    tetapi bagi mereka yg percaya dlm namaNya diberi kuasa utk menjadi anak2 Tuhan
    semoga Tuhan membuka pikiranmu sehingga mengerti akan kebenaran dan kebenaran itu memerdekakan.. dlm nama Tuhan Yesus..amen

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kalo Yesus Tuhan ??? Mana Surat dan ayat berapa di dalam Injil dengan Dalih Bahwa yesus Yang menyatakan "AKU ADALAH TUHAN" ???
    Jika Tuhan Bapak yang kalian Sembah, berarti TUHAN PUNYA JENIS KELAMIN....
    Sekali lagi SAYA MINTA BUKTI YANG TERSURAT DALAM KITAB INJIL YANG MENYATAKAN BAHWA "AKULAH TUHANMU"
    Karena didalam AL-QUR'an ALLAH SWT Berfirman :
    KATAKAN YA MUHAMMAD "TUHAN ITU ESA. TUHAN TIDAK BERANAK DAN TIDAK PULA DIPERANAKAN. (AL-IKHLAS)
    TOLONG JAWAB SEMUA PERTANYAAN SAYA, KALO TAK TERJAWAB SEGERALAH BERSYAHADAT PINTU TAUBAT MASIH TERBUKA. ALLOHUAKBAR

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Yohanes 13:13
      2. Kami, umat Yesus TIDAK menyembah Yesus secara FISIK.
      3. Jangann salah kaprah. Alkitab juga TIDAK mengajarkan bahwa TUHAN memiliki anak dan diperanakan dalam pengertian JASMANIAH. karena istilah 'Anak Allah' untuk Yesus dan istilah 'anak-anak Allah' bagi para umat Yesus adalah dalam pengertian hubungan ROHANIAH.

      Hapus
    2. bajaya islamku... YESUS memang Tuhan yaitu Tuhan level 1 yaitu Tuhan dalam diri manusia atau sebuah benda atau sebuah benda.
      Sama juga ALLAH nya Muhammad ( muslim ) juga Tuhan level 1 yaitu TYuhan dalam bangunan kakbah Arab. Parahnya Tuhan ALLAH itu malah dipenjara dalam kakbah Arab dan tidak boleh pindah oleh bangsa Arab.
      Tuhan Yesus lebih merdeka daripada Tuhan ALLAnya Muhammad. Buktinya Tuhan YESUS boleh berbahasa apa saja, boleh berada dimana saja. Sebaliknya Tuhan ALLAH tidak boleh pindah dari dalam kakbah Arab dan tidak boleh berbahasa selain bahasa ARAB... Saya berbicara sesuai bukti dan fakta yang ada.. Berbeda dengan umat MUSLIM yang bisanya cuma menuduh tanpa bukti alias memfitnah dengan menuduh sesat sirik musrik dan kafir...

      Hapus
  7. @fajar 'Yehuda&#39 : ANDA SANGAT KETAHUAN TIDAK BISA MENJAWAB SECARA NYAMBUNG. KETAHUAN ANDA SANGAT TERPOJOKAN... :)
    Kalo Yesus Tuhan ??? Mana Surat dan ayat berapa di dalam Injil dengan Dalih Bahwa yesus Yang menyatakan "AKU ADALAH TUHAN" ???
    Jika Tuhan Bapak yang kalian Sembah, berarti TUHAN PUNYA JENIS KELAMIN....
    Sekali lagi SAYA MINTA BUKTI YANG TERSURAT DALAM KITAB INJIL YANG MENYATAKAN BAHWA "AKULAH TUHANMU"
    Karena didalam AL-QUR'an ALLAH SWT Berfirman :
    KATAKAN YA MUHAMMAD "TUHAN ITU ESA. TUHAN TIDAK BERANAK DAN TIDAK PULA DIPERANAKAN. (AL-IKHLAS)
    MENGAPA YESUS DALAM INJIL TIDAK MEMERINTAHKAN AGAR DIA DI SEMBAH SEBAGAI TUHAN ????
    ISA IBNU MARYAM ITU NABIYULLOH (UTUSAN ALLAH) BUKAN IBNULLOH (ANAK ALLOH).
    BACA DUA KALIMAT SYAHADAT BUNG

    BalasHapus
    Balasan
    1. to Bajaya

      Inilah permasalahan teologis akut yg dialami oleh umat Muslim.
      1. Alkitab juga TIDAK MENGAJARKAN bahwa Allah/TUHAN itu beranak dan diperanakan dlm artian jasmaniah. Makna Allah Bapa dan Anak Allah yang merujuk pada hubungan yg bermakna rohaniah.
      2. Yang namanya TUHAN sejati kok harus maksa2 atau ngemis2 orang buat disembah. Allah Alkitab cukup menunjukkan kuasa-Nya saja didepan umat manusia bukannya koar2 pake intimidasi segala. makanya baca Alkitab donk biar kenal sama Allah Alkitab yang MENYEDIAKAN jalan keselamatan dan jaminanan masuk surga dan pengampuanan dosa.
      3. apakah 2 kalimat syahadat jamin anda masuk surga dan bisa menebus semua dosa2 anda???? hehehe..... sorry dorry... sangat meragukan sekali.
      4. ya sudah.... ente belajar baca alquran aja. jangan cuma baca tapi tau artinya lah. :) :) :) biar gak cuma fanatik buta :)

      Hapus
    2. Pada Fajar Yehuda.... Jangan mau baca SYAHADAT...sebab syahadat itu kalimat INGKAR... Buktinya syahadat berbunyi.."TIDAK ADA TUHAN" ( LA ILLA ). Baca saja..." SAYA IMAN ADA TUHAN " ( kalimat IMAN ).
      Ucapan "LA ILA " ( TIDAK ADA TUHAN ".. itu merupakan ajaran HANTU/SETAN/IBLIS. Sebab jika seseorang berkata " TIDAK ADA TUHAN ( LA ILLA ) secara yakin , maka maka implikasinya adalah " YANG ADA HANTU / SETAN/IBLIS.
      Jangan percaya pada MUHAMMAD.. sebab MUHAMMAD itu belum faham ILMU HAKEKAT..MUHAMMAD juga banyak membunuh manusia dan saat ini Muhammad menghadapi tuntutan para korban perang baik dari pengikutnya sendiri dan juga dari musuh-mushnya.. Jadi MUHAMMAD banyak tertimpa kasus ...

      Hapus
  8. @Eko Novianto : ANDA SANGAT KETAHUAN TIDAK BISA MENJAWAB SECARA NYAMBUNG. KETAHUAN ANDA SANGAT TERPOJOKAN... :)
    Kalo Yesus Tuhan ??? Mana Surat dan ayat berapa di dalam Injil dengan Dalih Bahwa yesus Yang menyatakan "AKU ADALAH TUHAN" ???
    Jika Tuhan Bapak yang kalian Sembah, berarti TUHAN PUNYA JENIS KELAMIN....
    Sekali lagi SAYA MINTA BUKTI YANG TERSURAT DALAM KITAB INJIL YANG MENYATAKAN BAHWA "AKULAH TUHANMU"
    Karena didalam AL-QUR'an ALLAH SWT Berfirman :
    KATAKAN YA MUHAMMAD "TUHAN ITU ESA. TUHAN TIDAK BERANAK DAN TIDAK PULA DIPERANAKAN. (AL-IKHLAS)
    MENGAPA YESUS DALAM INJIL TIDAK MEMERINTAHKAN AGAR DIA DI SEMBAH SEBAGAI TUHAN ????
    ISA IBNU MARYAM ITU NABIYULLOH (UTUSAN ALLAH) BUKAN IBNULLOH (ANAK ALLOH).
    BACA DUA KALIMAT SYAHADAT BUNG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada Bajaya islamku.. Jika ALLAH-mu itu TUHAN.. maka ajaklah TUHANmu ke Indonesia...lalu umat MUSLIM sholat berkiblat ke Indonesia.dan menggunakan bahasa Indonesia . lalu juga berdakwah ajaran dari ALLAH waktu di Indonesia.. lalu naik haji juga di Indonesia..
      Jika kamu dan umat muslim tidak bisa melaksanakan tantangan saya ini... berarti Tuhan ALLAH-mu tidak lebih dari seoranmg terpenjara dalam kakbah ARAB..

      Hapus
  9. jangan ribut malu sama Allah :)... Muhammad benar, Yesus benar, Musa benar, Daud benar. Yg ga benar pikiran anda... Kalau mau kita temui Allah dan Rasul-Nya, kalau ga bisa jangan ribut malu sama Allah, Allah lg denger keributan kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma ada SATU KEBENARAN di dunia itu.

      allah nya Alquran tidak berkata: "Akulah JALAN, KEBENARAN dan hidup.
      Muhammad tidak berkata: " Akulah JALAN, KEBENARAN dan HIDUP.
      Musa tidak berkata: "Akulah JALAN, KEBENARAN dan HIDUP.
      Buddha tidak berkata: "Akulah JALAN, KEBENARAN dan HIDUP".
      dan TIDAK ADA SATUPUN oknum penyembahan dalam dunia ini yang sanggup berkata: "Akulah JALAN, KEBENARAN dan HIDUP.

      kecuali YESUS KRISTUS.
      Kata Yesus kepadanya: "AKULAH JALAN DAN KEBENARAN DAN HIDUP.." (Yohanes 14:6)

      Ya, label agama apapun itu, faham apapun itu BUKANLAH KEBENARAN! hanya Yesus Kristus lah JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP. Dia telah disalib, mati dan bangkit lalu naik ke surga dan akan datang dalam kemuliaan-Nya untuk menghakimi yg hidup dan yg mati.

      Hapus
    2. nggak gitu juga, kali...
      emang yesus orang indonesia?
      ngomong pake bhs indonesia.

      Hapus
  10. rebutan tulang tanpa isi.....mas bro...??????!!!!.

    BalasHapus
  11. Alkitab baru dibukukan setelah Yesus naik ke sorga. Al-quran dibukukan ketika nabi Muhammad nya msh hidup. Jadi kalo ada kesalahan dalam Al-quran, bisa dikonfirmasi sama yg punya wahyu. Lah kalo alkitab?

    Dan orang Kristen selalu mengandalkan Injil Yohanes. Padahal sampe sekrang orang Kristen sendiri masih meragukan siapa penulis Injil tsb. Oleh karena Injil Yohanes secara gamblang menyatakan keilahian Yesus maka dikanonkan ke dalam Alkitab.

    Salam Damai

    BalasHapus
    Balasan
    1. to nareda.

      hehehe.. anda udah bisa baca Alquran????? terus ngerti artinya???
      jangan cuma koar2 aja, bunyi kosong tanpa makna. :)
      Umat Kristus MENGANDALKAN Tuhan Yesus bukannya mendewakan kitab sucinya seolah2 seperti barang kramat. agama, kitab suci dan pemimpin agama TIDAK BISA menyelamatkan manusia dari neraka dan hukuman akhirat cuma YESUS KRISTUS yang mampu.
      bacalah Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes dengan rendah hati bukan dengan perasaan terintimidasi oleh awloh. :) :) :)

      Hapus
  12. MEMANG ORANG YANG BERAGAMA ADALAH ORANG-ORANG YANG SAKIT JIWA!!!
    HUHUHUHU..... KASIAN,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. to awal
      agama???? Yesus Kristus datang ke dunia BUKAN untuk MENDIRIKAN 'agama'. Pesannya simple: DIA datangan untuk menebus dosa2 umat manusia dan menunjukkan teladan yang sempurna selama masa pelayanan-Nya di bumi yaitu 3 1/2 tahun. umat Yesus sejati BUKANLAH orang2 yang cuma berlabel "Kristen" atau 'Katolik" tetapi mereka hanyalah orang2 berdosa dan kotor yang merendahkan dirinya dihadapan Allah dan menerima dengan rendah hati KURBAN AGUNG yaitu Yesus yang telah mati dan bangkit bagi mereka mengasihi Allah. Yesus dibenci dan dihina oleh orang2 beragama pada zamannya dan bahkan oleh politik dunia. tapi Yesus TETAP MENGASIHI dan MENGAMPUNI mereka semua. pertanyaannya: apa anda lebih baik dan sempurna seperti Yesus Kristus yg diberitakan oleh Alkitab????? silahkan anda melihat hati dan jiwa anda sendiri.

      saran saya bacalah Alkitab. :) :) dan lihatlah Yesus Kristus. The Prince of Peace.

      Hapus
  13. http://pkpi.allalla.com/download/Faithfreedompedia.zip
    Bagaimana muhamad mau koreksi alquran wong dia sendiri buta huruf ?
    Baca dan download faithfreendom off line.....download di wikipedia disana ada penjelasan tentang nabi muhamad....semua gamblang,,jgn download klo yg blom siap karena pasti akan pecah bola mata sama jantung......khusus kristiani saja sebagai
    pengetahuan sendiri

    BalasHapus
  14. Gini deh kl orang2 yg ilmunya cetek cuma koar2 nggak jelas ngejelek2in Islam.. ya udah di ga usah diladenin tuh orang2 yg mikirnya pada make dengkul. Bisanya cuma ngutip seayat-ayat aja dari Alqur'an buat senjata tanpa tau Asbabun Nujul n Asbabul Huruj. Yg belajar kitab injilnya tapi nggak tau maknanya. Yg cuma ngikuti talkid buta tentang trinitas tanpa tau asalnya... keluar dari fitrah sesungguhnya..semoga suatu saat Allah memberikan Hidayah dan Inayah buat mereke semua...Aminnnn.....stay cool buat saudara sesama muslim!

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar bung teguh... kita semua harus stay cool.
      bagi umat Muslim tetaplah belajar baca Alquran anda dan menjalankan aturan2 agamanya.
      bagi umat Yesus tetaplah rajin baca Alkitab menjalankan hukum kasih.
      biar kita semua TIDAK cuma fanatik buta! tapi tau apa yg kita yakini melalui apa yang kita baca. apakah yang kita baca itu ajaran kebencian dan rasisme atau ajaran kasih dan persaudaraan segala bangsa dan bahasa.
      Yesus Kristus adalah HIDAYAH dari Allah, karena DIA adalah Firman Allah yang menjadi manusia (baca Injil Yoh. 1:1-3). DIA lah yang menyediakan jalan ke kerajaan surga bagi umat manusia.

      :) :) :) :)

      Hapus
  15. “Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui
    batas dalam agamamu, dan janganlah kamu
    mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar.
    Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu,
    adalah utusan Allah dan (yang diciptakan
    dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya
    kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan
    rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu
    mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari
    ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu.
    Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa,
    Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala
    yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.” (An-Nisa': 171)

    BalasHapus
    Balasan
    1. to TEGUH

      salah kaprah. :) :)
      siapa bilang TUHAN itu ada TIGA????
      TUHAN Allah itu ESA! Alkitab PB yg sudah ada 600 tahun bahkan Alkitab PL yg ada ribuan tahun sebelum alquran SUDAH mengajarkan demikian.
      baca alquran mu baik2: yang dimaksud alquran dengan 3 TUHAN adalah Allah, Isa dan Maryam. dan Alkitab TIDAK MENGAJARKAN bahwa TUHAN itu Allah, Isa dan Maryam. ini adalah KESESATAN!

      artinya kita sepakat :)

      Alkitab menyatakan bahwa Allah/TUHAN itu ESA yaitu Allah Bapa, Anak Allah (YESUS) dan Roh Allah. emangnya alquran bilang ajaran Trinitas Allah ini SALAH???? dalilnya mana??

      kalau umat Muslim masih koar2 dengan isu Trinitas Allah dalam Alkitab itu SALAH menurut ayat Quran, berarti mereka sengaja MEMBUTAKAN diri mereka terhadap fitnah yg mereka buat.

      hehehehe.. :) :) :) :)
      penyakit rohani umat Muslim yang berumur 1400 tahun selalu saja berulang2. semua Hidayah dari Tuhan Yesus melalui Roh-Nya yang kudus dilimpahkan kepada mereka. amin :) :)

      Hapus
    2. dan mana dalilnya trinitas ini benar ??? Dalam alkitab maupun yesus tidak pernah mengajarkan tentang trinitas. Lalu darimana konsep trinitas ini berasal ??. mirip dengan paham Platonis yang diajarkan oleh Plato (?-347 SM),
      dan dianut para pemimpin Gereja sejak abad II (Tony lane 1984). baca buku Edward
      Gibbon berjudul The Decline and fall of the Roman Empire, hal 388

      Hapus
    3. Ajaran MUHAMMAD secara tidak langsung juga TRINITAS... yaitu 1. ALLAH...2. MUHAMMAD.... 3 . Kakbah ARAB...Buktinya adalah 1. Semua kehendak ALLAH melalui mulut MUHAMMAD ( tidak ada satupun kalam ALLAH melalui suara speaker di langit. 2. Ucapan MUHAMMAD selalu dianggap sebagai sebagai perkataan ALLAH yang harus dipatuhi ( Al-Quran dan hadist harus dipatuhi ) .. ini artinya sama saja MUHAMMAD itu sebagi TUHAN ALLAH. Bahkan sampai saat inipun ucapan MUHAMMAD yang sudah wafat masih dipercaya dan sebaliknya kehendak ALLAH saaat ini malah tidak dipercaya. 3. Kakbah ARAB wajib jadi kiblat artinya semua harus sujud dan tunduk pada kakbah Arab dan tidak boleh ada muslim yang sholat membelakangi kakbah arab. Inisama saja KAKBAH dijadikan TUHAN. Jadi TRINITAS dalam MUSLIM yaitu 1. ALLAH, lalu 2. MUHAMMAD .lalu 3. KAKBAH ARAB.

      Hapus
  16. Kepada Admin blog ini..saya ingin menerangkan mengenai dakwaan Msia menciplak budaya Indonesia..100tahun dahulu wujudkah Msia maupun Indonesia?jika Soekarno berjaya menubuhkan Indonesia Raya dahulu yg termasuk Malaysia sekarang ni..adakah kami masih dikatakan menciplak budaya Indonesia? Bagaimana dgn Brunei dan selatan Thailand yg juga mempunyai persamaan budaya seperti wayang kulit ,rendang dan sebagainya..?lain kali bercakap guna otak..kalo bodoh belajarlah...
    Memang penganut2 Kristian ni mempunyai akal yang dangkal..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. OTAK yang DANGKAL itu MUSLIM yang selalu percaya pada perkataan MUHAMMAD yang tidak pakai akal. Contoh perintah membunuh dari TUHAN ALLAH... Apakah TUHAN ALLAH itu TIDAK berdaya ? KOK pakai tangan mausia ? Lalu MUHAMMAD menikahi gadis kecil...Lalu mengucapkan TIDAK ADA TUHAN... Inilah AKAL DANGKAL..

      Hapus
  17. Bible yg mudah diperolehi sekarang ini hanyalah bertaraf hadis sahaja jika dibandingkan dengan Al Quran kerana Al Quran adalah sememangnya Firman Allah yang disampaikan secara wahyu kepada Nabi Muhammad..sedangkan bible sekarang ini hanyalah kumpulan kata orang2 orang yg kononnya rapat dgn Nabi Isa...dan mempunyai versi yang berbeza-beza..kerana telah diubah2 seperti yg disebut dalam Al Quran.
    Dimanakah sebenarnya kitab Injil yg mengandungi Firman Allah yg disampaikan melalui wahyu kepada Nabi Isa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Al-Quran juga ucapan manusia yaitu MUHAMMAD... Bahkan manusianya suka membunuh dan suka perang dan suka menikahi gadis kecil.Artinya Al-Quran ditulis oleh orang- orang yang HAUS DARAH dan HAUS KEKUASAAN DUNIAWI saja.. Sedangkan Al-Kitab itu ditulis oleh orang-orang yang suci yang tidak suka kekerasan dan tidak suka pembunuhan pada sesama manusia.

      Hapus
    2. Al-Quran itu ucapan MUHAMMAD yang EGOIS.. Buktinya..waktu dia miskin dan terjepit maka dia rela menikahi JANDA TUA tapi KAYA.. ini pernikahan yang TENDENSIUS yaitu cuma demi fasilitas saja.. demi ambisinya .. Setyekah sukses lalu MUHAMMAD banyak menikahi wanita bahkan anak usia kecil.. bahkan menyetubuhi janda- janda yang kalah dalam perang...benar -benar EGOIS dan ANGKARA MURKA..

      Hapus
  18. to mahzan Isa

    lucu sekali: anda sebut Bible telah diubah2 tetapi anda sendiri tidak bisa MEMBUKTIKAN dengan menunjukkan Bible yang sebenarnya. malahan bertanya balik.

    hehehehe.. :) :) :) :) :) inilah penyakit rohani umat Islam.
    untuk membuktikan produk palsu anda harus menunjukan produk aslinya.
    bukannya malahan mempertanyakan orang lain.

    akal anda ternyata lebih dangkal dari akal saya yang dangkal ini.
    jangan memfitnah terus. kelakuan 1400 tahun alquran selalu berulang2.

    hehehe.. :) :) it's boring :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak bingung membaca bible dengan berbagai macam versi.
      Matius 8:21
      Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: "Tuhan (Yesus), izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku."

      Sekarang kita bandingkan dengan Alkitab luar negeri. Apakah ada kata Tuhan (God) dalam ayat Matius 8:21?

      Dari ayat yang sama
      Another disciple said to him, "Sir (Jesus), first let me go to bury my father."
      Sumber: http://gwt.scripturetext.com/matthew/8.htm

      • Weymouth New Testament
      Another of the disciples said to Him, "Sir (Jesus), allow me first to go and bury my father."
      Sumber: http://weymouthbible.com/matthew/8.htm

      • Young's Literal Translation
      And another of his disciples said to him, 'Sir (Jesus), permit me first to depart and to bury my father;'
      Sumber: http://yltbible.com/matthew/8.htm

      • The Message Bible
      Another follower said, "Master (Jesus), excuse me for a couple of days, please. I have my father's funeral to take care of."
      Sumber: http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/chapter/?b=40&c=8&version=message&lang=indonesia&theme=clearsky

      Kesimpulan: Terjemahan yang benar dalam ayat Matius 8:21 adalah Tuan, Guru, atau Pak, bukan Tuhan!

      Hapus
    2. Sir? Di Bible KJV (Versi Inggris) Ditulis LORD. LORD = TUHAN.
      Ayat yang benar2 secara langsung Yesus katakan bahwa dia adalah TUHAN ALLAH

      Yesus/YHVH (TUHAN) berkata, "Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa (Allah/YHWH)" (Yohanes 14:9)
      Ketika Yesus dicobai oleh iblis di padang gurun, Yesus berkata kepadanya: "Ada pula tertulis: Janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!" (Matius 4:7)
      Di Ayat 10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" kemudian di ayat 11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus.

      Hapus
  19. Untuk saudara-saudaraku seagama ISLAM
    Janganlah terpancing atau tergoyah dengan fitnah terhadap agama yang kita imani
    Bacalah surah Al-Baqarah
    Insyaallah kita tetap SABAR dan TEGUH pada keIMANAN kita. Ingat selalu rukun iman kita, Iman kepada Allah, iman kepada Malaikat,iman kepada Rasul, iman kepada kitab, iman kepada Hari kiamat, dan iman kepada qada' dan qadar

    Karena pada surah Al-Baqarah ayat 2-7 sudah menjelaskan sebagian besar apa yang ada disini..

    Pada ayat 2 telah di terangkan
    Al-Qur'an adalah kitab yang tidak ada sedikitpun KERAGUAN di dalamnya, PETUNJUK BAGi orang-orang yang BERTAKWA .. Jadi jika ada masih meragukan Al-Qur'an berarti ia BELUM bertakwa :)

    Bagaimana orang yang berTAKWA itu ?
    Ayat 3.
    Yaitu orang YANG ber-IMAN pada YANG GHAIB (yang tidak berwujud seperti Allah, Malaikat), YANG mendirikan SHALAT, dan men-SEDEKAH-kan sebagian REZEKI yang diberikan Allah.

    Lalu yang bagaimana lagi orang ber-TAKWA itu?
    Ayat 4.
    Dan orang-orang yang ber-IMAN kepada Al-Qur'an yang turunkan kepada kita sebagai UMAT nabi Muhammad S.A.W dan ber-IMAN kepada kiab SEBELUM Al-Qur'an . Serta yang YAKIN akan adanya Hari kiamat.

    Kita sebagai umat MUSLIM telah diajarkan bahwa ADA 3 kitab sebelum Al-Qur'an yaitu kitab Zabut, Taurat dan Injil namun kita JUGA telah di jelaskan bahwa Al-Qur'an ada PENYEMPURNA kitab-kitab sebelumnya :)

    Pada ayat ke 5.
    Sesungguhnya orang yang seperti itulah yang mendapat PETUNJUK dari Allah dan termasuk Golongan orang yang BERUNTUNG.

    SEMOGA kita termasuk dalam golongan orang yang beruntung tersebut dan mendapatkan PETUNJUK dari Allah. Aamiin

    Dan buat saudara-saudaraku yang seIMAN
    resapi juga pesan pada ayat 6 yang bahwasanya
    Sesungguhnya bagi orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, mau Kita beri PERINGATAN atau tidak. mereka akan tetap TIDAK BERIMAN pada apa yang kita IMANI

    Mengapa Begitu ?
    Pada ayat 7. Karena Allah telah MENGUNCI HATI dan PENDENGARAN mereka dan MENUTUP penglihatan mereka. Dan biarlah hanya Allah saja yang akan memberikan SIKSAAN yanh PEDIH kelak.

    Jadi percuma kita adu argumen, menjelekan agama satu sama yang lain. Itu AKAN SAMA SAJA EFEKnya. Mereka tidak akan berIMAN pada yang kita IMANi. Boleh sampaikan pendapat kita tapi sampaikan dengan ADAP , SOPAN SANTUN, yang telah diAJARKAN Rasulullah S.A.W .. Banyak-Banyaklah MENDEGAR , hati-hati bicara karena LIDAHmu bisa menjadi PISAU buatmu sendiri.

    Dan saudaraku yang seIMAN
    Ingatlah dan bacalah serta Amalkan surah Al-Kafirun sebagai pondasi kita dalam berTOLERANSI antar umat BerAGAMA
    Katakanlah :
    Kita TIDAK AKAN menyembah APA yang mereka SEMBAH
    Dan Mereka TIDAK AKAN menyembah APA yang kiya SEMBAH

    Kita tidak menCAMPURI apa yang mereka KERJAkan
    Dan Mereka juga TIDAK usah CAMPURI apa yang kita KERJAkan

    Untukmu Agamamu dan Untukku Agamaku

    Semoga saudaraku selalu mengamalkan itu yang hanya sebagian kecil Al-Qur'an . Tidak terbawa EMOSI, karena emosi itu panas dari setan dan iblis, banyak2lah berWUDHU jika sudah emosi, jika masih emosi, SHALATlah.

    Jika tidak mengerti yang hal yang ada di Al-Qur'an bacalah Sunnah , jika masih kurang mengerti tanyakan yang AHLI AGAMA, semoga kita mendapat petunjuk dan tidak menjadi orang FASIK yang telah mendengarkan dan mengetahui isi Al-Qur'an tapi tidak mengamalkannya

    Salam damai bagi semua
    Islam adalah agama yang membawa RAHMAT untuk Alam Semesta
    Islam adalah agama yang SEMPURNA sedangkan kami sebagai pengamalnya yang BELUM SEMPURNA

    Sekian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. to sisma
      thx sudah berkunung di blog saya yg sederhana ini.
      artikel ini berbicara mengenai kata "Allah" pada masa pra-Islam.
      Sebelum Islam dan muhammad ada pada abad ke-7, orang-orang Arab Kristen dan Yahudi menggunakan kata "Allah" yang mengacu pada YHVH Elohim Israel dan Yesus Kristus. Maklum saja, kaidah2 Islam yg disampaikan oleh nabi umat Islam yaitu Muhammad baru ada pada abad ke-7 di tanah Arab.

      Thx untuk berkunjung ke blog saya. :) :)

      Hapus
    2. Saya agak bingung membaca bible dengan berbagai macam versi.
      Matius 8:21
      Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: "Tuhan (Yesus), izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku."

      Sekarang kita bandingkan dengan Alkitab luar negeri. Apakah ada kata Tuhan (God) dalam ayat Matius 8:21?

      Dari ayat yang sama
      Another disciple said to him, "Sir (Jesus), first let me go to bury my father."
      Sumber: http://gwt.scripturetext.com/matthew/8.htm

      • Weymouth New Testament
      Another of the disciples said to Him, "Sir (Jesus), allow me first to go and bury my father."
      Sumber: http://weymouthbible.com/matthew/8.htm

      • Young's Literal Translation
      And another of his disciples said to him, 'Sir (Jesus), permit me first to depart and to bury my father;'
      Sumber: http://yltbible.com/matthew/8.htm

      • The Message Bible
      Another follower said, "Master (Jesus), excuse me for a couple of days, please. I have my father's funeral to take care of."
      Sumber: http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/chapter/?b=40&c=8&version=message&lang=indonesia&theme=clearsky

      Kesimpulan: Terjemahan yang benar dalam ayat Matius 8:21 adalah Tuan, Guru, atau Pak, bukan Tuhan!

      Hapus
  20. Sebaiknya masing masing mempelajari dulu ajaran agama anda sendiri. saling memojokkan tanpa ada dasar yang pasti hanya akan menimbulkan permusuhan. Mental seperti ini yang membuat kita jauh tertinggal. sejujurnya agama adalah topik yang sangat menarik. tapi akan selalu berbau sara. banyak hal yang saya ingin tahu dari sudut pandang yang berbeda, Seperti figur Yesus, simbolism utk yesus adalah "white handsome western man". sejak kapan penggunaan ini dipakai sementara asal historikal yesus sendiri adalah timur tengah. Lalu konsep Old testament dan new testament yang terlalu explisit menaikkan status kekuatan geraja secara politik. Konsep asal nama Allah, Islam menyatakan kalau Tuhan utk Yahudi, nasrani dan muslim sebenarnya sama, para nabinya pun sama tapi konsep penamaan Allah baru ada pada Al Qur'an. bahasa ibrani (hebrew ) menyebut Elohim, dan aramaic menyebut YHWEH. bagaimana semua yang sebenarnya sama menjadi begitu berbeda. dan perbedaan ini telah pernah mengakibatkan peperangan besar.
    Ibrahim ( arab ) Ibruun ( ibrani ) abraham ( bible ), adalh pesimpangan utama dari 3 agama. pelajari dulu agama anda jalankan dan siapa tahu anda menemukan kebenaran. Utk siapa yang masuk surga atau neraka, semua tergantung pilihan kita bukan ? dan kitalah yang akan menjalaninya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. to money gift

      konsep nama 'Allah' sudah digunakan oleh orang2 Kristen sebelum Islam di Timur Tengah. kata 'Allah' itu sepadan dengan kata 'Alaha' di Siria yang tertuju pada Elohim Israel.

      Artikel ini berbicara tentang penggunaan kata 'Allah' di zaman SEBELUM Islam ada.

      Dari tulisan diatas, menurut saya anda sendiri tidak mengerti perbedaan sebutan 'Elohim' dan 'YAHWEH'.

      dan New Testament tidak menyatakan secara eksplisit kekuatan gereja secara politik. Ajaran Yesus Kristus itu bebas dari kepentingan politik. sebab Dia datang untuk melakukan kehendak Allah Bapa yang mengutus-Nya. mati dan bangkit lalu naik ke surga dan akan datang kembali.

      Hapus
    2. @fajar yehuda,

      'YAHWEH' atau YHWH??? apakah ada ajaran dan dalil dibacanya atau disebutnya yahweh????

      Hapus
  21. ya BAPA ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang telah mereka perbuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ricki siswanto,

      BAPA???? bapak mu berkelamin donk??? punya anak donk???
      lalu anak nya itu anak donk??? jadi anak bukan sekaligus bapa donk???

      Hapus
  22. Kelompok sekte Kristen yang mengganggap bahwa nama 'Allah' adalah nama untuk mengacu pada Hubal (Dewa bulan) yang disembah bangsa Arab, adalah tidak punya benar.
    Tuduhan ini tidak mendasar, alasannya pertama: berdasarkan inkripsi-inskripsi Arab Kristen pra-Islam, yaitu Zabad (521 M) dan Umm al-Jimmal (pertengahan abad ke-6 M) bahwa Allah sudah dimaknai secara monoteistik Kristen. Jadi kata Allah juga dipakai penganut Kristen. Dan sejak nabi Ibrahim kata Allah sudah ada; dan kedua: berdasarkan inskripsi Kirbeth el-Qom dan Kunlitet Ajrud, yang ditemukan di wilayah Hebron, YHWH (Yahwe) pun juga pernah disembah bersama dewi kesuburan, Asyera.
    Jadi baik Allah maupun Yahwe pernah disembah bersama dengan dewa dewi lain. Hal itu karena hasil sinkretisme manusia saat itu. Banyaknya manusia yg menyimpang sehingga keyakinan mereka campur aduk, menyamakan Allah atau Yahwe dengan berhala/sesembahan yang lain.
    Pernyataan bahwa batu Hajar Aswad (batu hitam) adalah salah satu berhala yg disembah adalah tidak benar. Sebab Hajar Aswad tsb sudah dipasang di Ka’bah oleh Nabi Ibrahim dan Ismail. Nabi Ibrahim memperoleh batu tersebut dari malaikat. Umat Islam mencium batu tersebut semata-mata hanya memenuhi perintah Allah. Apakah kita turuti perintah Allah atau malah membangkang seperti iblis yg tdk mau disuruh sujud pada Adam, sbb merasa dirinya lebih mulia.
    Walaupun begitu umat Islam tidak dibolehkan menyembah dan minta peruntungan pada batu tsb, sbb termasuk perbuatan syirik/menyekutukan Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. to lurusi

      isteri pertama Muhammad, Kadija dan pamannya yg bernama Abdullah adalah seorang Kristen Nestorian, yaitu sekte Kristen yang banyak terdapat di Jazirah Arab.

      Jadi Muhammad mengenal istilah 'Allah' dari paman dan isterinya yg beragama Kristen Nestorian.

      Selain sekte Nestorian, terdapat juga para penyembah berhala di Mekkah. Dan Kabah saat itu adalah pusat penyembahan dewa dewi Arab. dan salah satu berhala di dalam Kabah itu adalah Batu Hitam 'Hajar Aswad'. Jumlah keseluruhan ada skitar 360 berhala.

      coba baca Hadis.

      Hapus
    2. JIN SULAIMAN dikira MALAIKAT... Batu HITAM itu asalnya batu asteroid yang ditemukam di Arizona oleh pasukan ROMAWI.. Lalu diberikan pada Raja ARAB.. lalu dicuri oleh JIN-nya Nabi SULAIMAN.. lalu diberikan pada Nabi ISMAIL...Jadi yang meberikan BATU HITAM itu bukan MALAIKAT tapi JIN SAKTI. Para Malaikat itu tidak berurusan dengan angkat mengangkat BATU..Malaikat bukan KULI PANGGUL.. kok..

      Hapus
  23. apa yang para senior diskusikan disini semuanya hanya perspektif, mulai dari perspektif logika, hati dan kita suci yang dianggap suci dan disucikan.padahal hukum perspektif adalah sama, sama benarnya, sama salahnya. alkitab mengatakan bahwa dirinyalah yang paling benar, alquran juga enggak mau kalah. padahal tuhan kalian sama-sama Alllah. persetan dengan segala bentuk peribadadatan yang kalian laksanakan jika masih mau menggoyang-goyang keyakinan orang lain.

    Sumber yang kalian gunakan adalah al-kitab dan al-qur'an. sumber yang sama-sama dari tuhan allah kalian. kemudian kalian berusaha melogikakan segala bentuk pengertian kebenaran menurut logika kalian dan dengan mati-matian kalian semua meyakininya.
    ini berarti keyakinan kalian semuanya adalah "katanya" kata ayat ini, kata ayat itu, kapan kata elu sendiri?. padahal semua ayat dan firman adalah dongeng dongeng masalalu. bagaimana mungkin kalian mempercayai kebenaran firman, sementara firman itu sendiri yang mengaku bahwa dirinya benar?

    dengan mati - matian muslim menjelaskan kebenaran al-quran kepada kristen, begitupun sebaliknya, padahal keduanya sama-sama mati-matian menolak dan sama-sama menyakini keyakinannya masing-masing. apa yang sudah diyakini kadang tidak perlu dibuktikan oleh logikan dan nalar. apa yang kalian yakini adalah kebenaran menurut kalian sendiri.

    maka jika ingin mengetahui agamu sendiri, kalian harus mengetahui agama orang lain. yang kristen tidak begitu faham dengan isi al-quran kemudian menafsirkan sesuka hatinya, yang muslimpun sama tidak begitu faham dengan isi al-kitab kemudian menafsiran sesuka hatinya. sama-sama tidak tahu kemudian sama - sama soktahu, padahal didalam kitab suci kalian dikatakan hanya tuhan allahlah yang maha tau dan maha sok tau.

    logika kristiani banyak terdoktrin oleh ayat ayat suci al-kitab sejak lahir hingga tua, logika muslim banyak terdoktrin oleh ayat-ayat suci al-quran sejak lahir hingga tua. kemudian masing-masing dari kalian beradu logika, penytaan mana yang paling masuk akal, padahal hakikatnya jika sudah membicarakan tuhan allah maka itu sudah diluar logika. islam menyudutkan kristen dan menyataka kristen mempunyai tiga tuhan, kristen membantah bahwa tuhan mereka hanya satu. maka disini jelas kalian memperlihatkan kobodohan-kebodohan yang kalian dapatkan dari doktrin kitab suci yang kalian yakini. jika masing-masing menyepakati satu tuhan, maka apapun alasanya akan tetap satu.

    konyol adalah saat kita meyakinkan orang lain dan orang lain meyakinkan kita, konyol adalah saat kita membantah penyataan orang lain dan orang lain membantah penyataan kita. jadi, kalian sama - sama benar, dan kalian sama - sama salah. apa yang kalian yakini adalah kebenaran. entah kalian mau menggunakan bayolan Jesus atau bayolan Muhammad yang katanya bayolan keduanya adalah bayolan Allah kalian

    jika saya menjelaskan keyakinan saya kepada kalian bahwa saya adalah tuhan, maka kalian akan membantah mati - matian kemudian meminta saya untuk membuktikan kebenaran bahwa saya tuhan. ini karna pemahaman yang jauh berbeda antara saya dan kalian. maka percayalah pada apa yang kalian yakini dan yakinlah pada apa yang kalian percayai.

    salam tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. to FAe

      menurut saya setiap orang yg memiliki keyakinan harus siap untuk ditanya dan digugat untuk mempertanggung jawabkan imannya itu dalam bentuk argumentasi lisan atau tulisan. baik itu pengikut Yesus, pengikut Muhammad atau penganut yg lain.

      sebagai contoh:
      umat Muslim menuduh kalau umat Yesus menyembah TUHAN yg ada tiga.
      jawabannya: sebenarnya umat Muslim salah kaprah dlm memahami konsep trinitas yg dinyatakan oleh Alquran, bahwa menuhankan Allah, Isa dan Maryam bersamaan adalah perbuatan syirik.
      nah.. dalam ajaran Alkitab mana ada ayat untuk menyembah Allah, Isa dan Maryam. yang ada adalah Bapa, Anak dan Roh Kudus. dan Allah itu ESA, Alkitab mengajarkan begitu.

      itu sebagai contoh kecil, umat Muslim yg selalu salah kaprah.

      Kritik, Pertanyaan dan Sanggahan itu wajar-wajar saya. asal tidak di respond dengan kekerasan, terror dan ancaman.

      Menurut saya kedewasaan umat Yesus Kristus akan teruji dengan kritik, tuduhan-tuduhan bahkan pertanyaan-pertanyaan yg kritis dari orang lain.

      yang namanya KEBENARAN itu harus diuji dengan standard-standard yg valid dalam aspek historis maupun iman.

      Hapus
  24. Numpang nyengir...kkkkk.....

    BalasHapus
  25. Numpang nyengir...kkkkk.....

    BalasHapus
  26. muslim itu perlu belajar sejarah awalnya islam dari bidat kristen nestorian yang bernama waraqah dan khadijah dari situlah awal mulanya ajaran bidat dimasukan kealam pikiran muhammad yang menjadi wahyu-wahyu muhammad melalui jibril selama 23 tahun, jadi bagaimana bisa cocok dengan ajaran kristen. karena ajaran bidat yang diambil dari kitab-apokrip seperti injil tomas, injil ibrani, injil petrus, injil pilifus, injil yudas, injil barnabas dan talmut yang menjadi kandung quran.....lihat samakan itulah kebenaran yang mereka pakai yang dianggap sesat oleh kristen

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdr Kuat yth, tulisan anda hanyalah asumsi atas dasar opini pribadi..yg sama sekali tak punya arti.
      .
      Waraqah bin Naufal.. adalah salah satu ulama kaum Nasrani yg memegang teguh ajaran ISA almasih yang bertauhid (Iman kpd Tuhan YME).. yg sama sekali tidak kenal Trinitas...! Mungkin bisa disamakan dgn kaum Esenes yg manuskrip injilnya ditemukan di Qumran.

      Ente menyinggung ttg Bidat
      @ taukah ente apa sebenarnya yg dimaksud dgn bidat itu kawan?

      Asal tau saja ya kawan...
      @ Bid’ah menurut bahasa, diambil dari bida’ yaitu mengadakan sesuatu tanpa ada contoh sebelumnya.

      Bidat atau Bid'ah itu adalah menambah atau mengurangi ajaran agama (syariat) yang sdh baku sebagaimana tg telah ditetapkan Allah dan rasul-Nya.

      Perbuatan bid’ah di dalam Ad-Dien (Islam) hukumnya haram, karena yang ada dalam dien itu adalah tauqifi (tidak bisa dirubah-rubah) ;
      Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Artinya :
      >" Barangsiapa yang mengadakan hal yang baru (berbuat yang baru) di dalam urusan kami ini yang bukan dari urusan tersebut, maka perbuatannya di tolak (tidak diterima)”.
      Dan di dalam riwayat lain disebutkan : “Artinya :
      >"Barangsiapa yang berbuat suatu amalan yang bukan didasarkan urusan kami, maka perbuatannya di tolak”.
      Jadi.., Perbuatan Bidat bukan saja dilarang, tapi juga yang diharamkan.

      Kalian hanya mengaca pada kitab kanonik buatan ke-4 penulis atas pesanan kaisar Konstantine. pd Konsili Nicea 325M yg cuma karangan Mat-Mar-Luk-Yoh. + Surat2 Paulus..
      tapi krn ke 41 bh kitab2 injil Apokrip yg berisikan ajaran asli ISA AS yaitu ajaran Tauhid yang tidak sesuai dengan ajaran pagan penguasa Romawai masa itu ..shgga kitab2 apokrif itu pun TIDAK DIAKUI penguasa Romawi, yang menghendaki adanya dewa baru pengganti dewa Mithra yg sdh hilang pamor bisa dilekatkan kpd diri Yesus yg saat ini namanya sdg bersinar..... maka kalian pun ikut2n membuangnya..

      Jika sekiranya beliau masih hidup saat ini..Apakah ISA Almasih aka Yesus pun tidak akan mengakui injil Apokrif itu atau justru menolak kitab Gospels kanonik? Hanya TUHANlah yang tau. !

      Kristen ajaran Paulus, justru adalah biangnya Bidat, sebab Paulus dlm surat2nya.. selalu mempropagandakan ajaran dogma sesat.. yang sepanjang hidupnya tidak pernah dikenal oleh ISA AS , seperti konsep Dosa waris, pembatalan Hukum Taurat, menganggap bersunat itu tidak pentingg dan yang paling buruk adalah Paulus mengajarkan bhw ISA aka Yesus itu adalah Tuhan Allah (baca Rm 10:9)... dan cukup dengan modal percaya bhw Yesus adalah Allah, maka dia akan diselamatkan.!
      Emangnya siapa sih Yesus.. ? Benarkah dia adalah Allah? Mana dalil dan buktinya kawan?

      Menurutmu, apakah nabi Musa, Ishak, Yakub, Daud, Elia, Esra pernah mengenal nama tuhan bernama Yesus.lalu ikut menyembahnya.?? Pikirkanlah..!

      Tentang Waraqah b.Naufal.. seperti umumnya umat Nasrani yg taat dan mengetahui petunjuk nubuatan ttg akan datangnya seorang nabi akhir jaman..seorang mesias.. sang penghibur sebagaimana yg diceritakan Isa almasih kpd para apostles... dan dgn melihat tanda2 kenabian yg melekat dlm diri Muhammad Saw. diapun merasa yakin bhw mesias yg ditunggu-tunggu oleh umat yahudi dan nasrani kini sdh datang dlm wujud Muhammad Saw. dan beliau pun memperingatkan rasulullah agar bersabar akan segala ujian yg akan dilakukan oleh kaumnya.. sebagaimana perbuatan umat2 para nabi sebelumnya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. @ Ingin tau ajaran Tauhid asli dari nabi Yesus yg sepanjang hidpnya selalu mengajarkan bhw Tuhan itu adalah Allah Yang Esa.
      Bacalah; Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3.

      @ Ingin tau status Yesus sebagai Utusan TUHAN bagi kaum bani Israel saja bukan bagi dunia..?

      Yesus adalah UTUSAN Tuhan (Rasul Allah) BUKAN Sang Pengutus.
      DALIL ALKITAB :
      Mrk 9:37, Yoh 5:24,30,; 7:29;33, ; 8:16,18,26, ; 9:4,10:36,..; II:42,..; 13:20, ; 16:5, ; 17:3,8,23,25.

      Yesus bersaksi dan mengajarakan bhw Satu-satunya Tuhan yang benar hanyalah ALLAH... (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).
      >> sdgkan sebaliknya Paulus bilang bhw Tuhan itu adalah Bapa, Anak dan roh kudus.sebagaimana yg tertuang dlm kalimat Syahadat Nicea

      Yesus mengakui bhw dia hanyalah nabi yg diutus...
      sdgkan Paulus bilang "Tesus adalah Tuhan/Allah)

      Siapakah yang menyebarkan ajaran Bidat dlm kanonik itu kawan...
      Yesus atau Paulus ??

      Satu hal lagi....
      Apakah ajaran Muhammad Saw serta ajaran para nabi2 terdahulu.. bertentangan dgn dakwah TAUHID yg diajarkan ISA Almasij aka Yesus yg diutus kpd para pengikutnya...??

      Tanyakanlah pada nuranimu sendiri.

      Hapus
    4. @kuat,

      selain maen asumsi tapi juga KORBAN GEREJA wkwkwkkwk

      Hapus
    5. Korban BATU HITAM dan korban KAKBAH yang PARAH..

      Hapus
  27. Fajar "Yehuda"
    Anda menulis komen sbb:
    > FAKTANYA:
    Didalam Alkitab PL & PB tidak ada satupun ayat yang memerintahkan untuk MENGHINA ajaran Islam, untuk MEMBUNUH orang islam, mengkafirkan orang Islam atau MENUDUH bahwa ajaran Islam adalah ajaran palsu.

    Apakah anda sudah yakin dgn asumsi anda ini..?

    Bacalah alkitabmu dengan cermat dan temukanlah kebohongannya.

    Alkiab penuh dengan ayat2 perintah BUNUH.

    Seperti fakta berikut ini.

    � BANTAILAH MANUSIA YANG BERAGAMA LAIN [Keluaran 22:20]
    � BANTAILAH YANG TIDAK PERCAYA TUHAN Allah Israel [2 Tawarikh 15:12-13]
    � BUNUHLAH NABI/PEMIMPIM AGAMA LAIN [Ulangan 13:1-5 & Ulangan 18:20-22]
    � AJARAN UNTUK MEMBANTAI [Yesaya 14:21]
    > 'Dirikanlah bagi anak-anak tempat pembantaian, oleh karena kesalahan nenek moyang mereka, supaya mereka jangan bangun dan menduduki bumi dan memenuhi dunia dengan kota-kota."

    � ALKITAB PELOPOR UTAMA AJARAN MUTILASI DARI AJARAN KASIH
    [Hakim-Hakim 19:29) "Sesampai di rumah, diambilnyalah pisau, dipegangnyalah mayat gundiknya, dipotong-potongnya menurut tulang-tulangnya menjadi dua belas potongan, lalu dikirimnya ke seluruh daerah orang Israel.

    Jadi sebelum berkomentar minor... buka dulu topengmu.. !

    Shalom

    BalasHapus
    Balasan
    1. AL-HIKMAH... Isi Perjanjian lama dan pejanjian baru itu dilaksanakan di wilayah Nabi ISA ( maksar BETLEHEM /PALESTINA) , maka perintah itu SYAH. Demikian juga perintah QURAN jika diterapkan di maksar ARAB , maka SYAH juga. Tapi kenyataannya umat MUSLIM membantai dan menyerang umat agama lain di wilayah maksar lain . Jadi yang SERAKAH dan angkara MURKA itu ajaran MUHAMMAD.
      Bukti lagi.. nabi MUHAMMAD sering membunuh manusia dan sering PERANG memperluas wilayah jajahan, Sedangkan nabi ISA tidak pernah membunuh manusia.... Syarat utama seorang nabi ataupun rasul adalah TIDAK PERNAH MEMBUNUH SESAMA MANUSIA. Bukti dan faktanya MUHAMMAD itu pernah bahkan sering membunuh sesama manusia. Jika begitu KENABIAN MUHAMMAD otomatis BATAL. Dengan kata lain MUHAMMAD adalah NABI PALSU.. alias MUHAMMAD adalah manusia yang dirasuki SETAN HAUS DARAH>>>

      Hapus
  28. yth Fajar Yehuda dan saudara Al-Hikmah spt nya kalian sama" pakarnya. Saran saya kalian berdua lebih mendalami lg sedalam-dalamnya ttg Alkitab & Al Qur'an (keduanya sama" dipelajari) yg mana sebenarnya yg lebih benar. Mungkin dalam tempo 1-2 tahun cukuplah memperdalam itu, kemudian nanti debat-diskusi yg sehat lg di blog ini. Spy org yg msh dangkal alias abu-abu dpt memastikan imannya ikut yg mana. Sebab kita ini msh bnyak trpengaruh oleh orang tua, lingkungan, sukuisme, kebiasaan" adat dan ajaran" separatis dan celakanya blom prnah belajar yg benar kecuali mendengar tp sdh brkoar" sok tahu. Jd dlm kontek ini prlu pemahaman yg sebenarnya, anggaplah itu merupakan hidayah, amal ato pelayanan. Tp dlm diskusi ini hrs dpt menahan emosi, profesional tdk saling menuding, hnya sebatas meluruskan dan menjelaskan. Bagi pembaca dpt mengerti dan brmanfaat, kalian brdua jg dpt gelar Doctor Honoris Theologh, gmn kita tunggu pd sesi berikutnya, sambil brjalan diskusinya dan kalian brdua sambil memperdalam ilmunya...Oke, As.Wr.Wb ~ Salam Damai.

    BalasHapus
  29. Manusia menyebutnya/memberi nama Allah, bukan pengakuan dari yang Maha Mulia Sendiri. Dalam perjalanan waktu sebutan Allah lebih populer dari nama lain. Bahasa sederhananya begitu

    BalasHapus
  30. jika memperdebatkan masalah Agama pastinya tidak akan ada titik temunya,karena sudah berbeda keyakinan dan pemahaman yang dimiliki masing-masing orang. Intinya agama tidak dapat menjamin kita selamat dan masuk surga,begitu juga perbuatan-perbuatanmu sebaik apapun.untuk apa kita saling menjatuhkan satu sama lain,sekarang yang harus dipahami siapakah yang berani memberikan jaminan keslamatan dan memberikan tempat buat kita kelak di surga, hanya YESUS yang sanggup menyatakan AKUlah jalan kebenaran dan hidup,tidak ada seorangpun yang dapat sampai kepada ALLAH jika tidak melalui AKU.ikutlah Aku dan percaya kepadaKU. apakah bisa kalian jamin semua perbuatan-perbuatan amalan baik kalian bisa membawa kalian ke surga, apakah dengan anda berpuasa dengan baik bisa menjamin anda masuk surga, apakah dengan taat anda melakukan ibadah agama anda bisa jadi jaminan anda masuk surga, hal itu harus di pertanyakan??? jika semuanya bukan karena KASIH KARUNIA TUHAN yang dinyatakan dalam YESUS maka tidak ada jaminan anda akan masuk surga.

    BalasHapus
  31. Maaf numpang sdkit share saja nie buat smua
    Lakukanlah dn amalkn saja khidupan anda sesuai dgn ajaran keyakinan anda itu lbh baik
    Tanpa hrs mncari2 dn mnjelek2kn keyakinan msg2..jujur sy pusing membaca smua koment2 dsini yg hny menimbulkan keributan saja.
    Saya bkn sok mengajari sp yg bnr sp yg slh dsini
    Dn sy jg bknlh seorg ahli atau profesor dlm suatu ajaran agama
    Saya msh sngt2 buta dlm satu ajaran agama
    Tapi yg ingin sy luruskan dr yg sy ketahui dn satu kalimat yg selalu msh trngiang2 ditelinga saya yakni " AKU lah jalan KEBENARAN dan KASIH tidak ada yg bisa menuju ke BAPA jika tdk melalui AKU.."
    Dan dari yg menyatakan AKU ini tdk prnh mngatakn dgn kalimat " AKU adalah TUHAN "
    Dan disini saya tdk akan mengatakan kalimat yg di atas adlh dr kalimat siapa dn dr mana
    Jika saudara2 ingin mengetahuinya saya hny bisa berkata silahkan saudara2 smua mencari tau sndiri..
    Krn ada tertulis " Carilah maka akn ditemukan,mintalh maka akn diberikan dan ketuklah maka pintu akan dibukanNya bagimu"
    Terimakasih dn salam Damai

    BalasHapus
  32. Maaf numpang sdkit share saja nie buat smua
    Lakukanlah dn amalkn saja khidupan anda sesuai dgn ajaran keyakinan anda itu lbh baik
    Tanpa hrs mncari2 dn mnjelek2kn keyakinan msg2..jujur sy pusing membaca smua koment2 dsini yg hny menimbulkan keributan saja.
    Saya bkn sok mengajari sp yg bnr sp yg slh dsini
    Dn sy jg bknlh seorg ahli atau profesor dlm suatu ajaran agama
    Saya msh sngt2 buta dlm satu ajaran agama
    Tapi yg ingin sy luruskan dr yg sy ketahui dn satu kalimat yg selalu msh trngiang2 ditelinga saya yakni " AKU lah jalan KEBENARAN dan KASIH tidak ada yg bisa menuju ke BAPA jika tdk melalui AKU.."
    Dan dari yg menyatakan AKU ini tdk prnh mngatakn dgn kalimat " AKU adalah TUHAN "
    Dan disini saya tdk akan mengatakan kalimat yg di atas adlh dr kalimat siapa dn dr mana
    Jika saudara2 ingin mengetahuinya saya hny bisa berkata silahkan saudara2 smua mencari tau sndiri..
    Krn ada tertulis " Carilah maka akn ditemukan,mintalh maka akn diberikan dan ketuklah maka pintu akan dibukanNya bagimu"
    Terimakasih dn salam Damai

    BalasHapus
  33. Saudara2ku yang beriman kepada TUHAN YME..
    ISLAM datang untuk meluruskan ajaran2 para nabi terdahulu yg sdh dikotori tangan2 manusia, bahkan lbh parahnya lagi adalah ajaran yang mendoktrin manusia agar menjadikan anak manusia bernama Jesus sebagai Tuhan (Allah lain) padahal alkitab sdh dgn tegas MELARANG peribadatan kpd "Allah-Allah lain" (2Raj 17:35; Mzm 81:9; Kel.34:14)
    Bukankah Jesus sendiri mengakui keterbatasannya sbg anak manusia dlm Yoh.5:30 ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Al-Hikmah. Menurut saya anda sangat keliru dalam memahami & mengerti tentang Firman Tuhan yang hidup itu. Anda memandang konsep keTuhanan orang kristen yang maha besar itu melalui pemahaman dari otak anda yg kecil dan sangat terbatas itu bisa dipastikan hasilnya adalah mendekati nol, coba gunakan hati/roh anda dalam memahami Firman Tuhan yg terdapat didalam Alkitab saya yakin anda akan menemukan kebenaranNya didalam Firman Tuhan yg hidup itu.

      Hapus
    2. @karunia,

      hati/roh??? maksudnye minta bantuan roh kardus itu??? ehhh maksud nye roh kudus itu yakkk??? heheheheh mau ngapain roh kudus pake bantuin manusia??? bukankah manusia punya otak/akal utk berpikir???

      Hapus
    3. Kitab suci adalah manuskrip kuno. Sebuah literatur yg bisa menjadi sumber ilmu yg teruji oleh waktu. Al-Quran merupakan kitab suci yg tidak berubah dan terjaga keotentikannya. Dalam alquran di katakan dalam surah Taha ayat ke 14.
      "Sesungguhnya Aku adalah Allah. Dan tiada tuhan selain aku. Maka sembahlah aku. Dirikanlah sholat untuk mengingatku"
      Jadi yang memberikan nama Allah itu ya Allah sendiri. Nama selain itu bisa di pertanyakan kebenarannya.

      Hapus
    4. Burubah atau tidak berubahnya suatu kitab itu bukan menjadi masalah. Justru yang menjadi maslah itu apakah kitab itu menguntungkan maksar Indonesia ataukah justru merugikan maksar Indonesia. Jelasnya adalah Al-Quran dan HADIST memang TIDAK pernah berubah. Tapi apa untungnya bagi maksar Indonesia jika Al-Quran itu TIDAK BERUBAH ? Justru kitab yang tidak berubah dan harus leterlux pada jaman dulu itulah yang merugikan maksar Indonesia. Sebab situasi dan kondisi tjuan jaman Quran diturunkan di ARAB itu jelas berbeda dengan sistuasi dan kondisi dan tujuan saat ini di maksar Indonesia.

      Hapus
    5. Apakah kamu melihat sendiri bahwa mulut ALLAH mengucapkan nama ALLAH ? Yang berkata AKU ALLAH itu adalah MULUT MUHAMMAD dan bukan mulut ALLAH.. Apakah kamu berani sumpah pocong dengan saya... jika kamu tidak terima atas komen saya ini ?

      Hapus
    6. AL-HIKMAH..... TUHAN dari manusia itu lebih baik TUHAN dari KAKBAH ARAB..TUHAN dari manusia itu lebih baik daripada TUHAN dari QURAN ataupun HADIST.
      Justru umat MUSLIMlah yang MENUHANKAN QURAN dan malah MEMATIKAN ALLAH saaat ini. Buktinya adalah umat MUSLIM tidak percaya pada WAHYU atau PETUNJUK ALLAH yang saat ini masih HIDUP, tapi malah selalu PERCAYA pada ucapan MUHAMMAD yang sudah WAFAT....

      Hapus
    7. AL-HIKMAH... Justru ajaran MUHAMMADlah yang BENGKOK alias TIDAK LURUS. Buktinya ajaran MUHAMMAD berbunyi " TIDAK ADA TUHAN"... Sedangkan ajaran para nabi TERDAHULU berbunyi " ADA TUHAN..Bukti lagi bahwa ajaran MUHAMMAD bengkok adalah menyruh membunuh pada umat agama lain yang TIDAK PERCAYA pada ucapan MUHAMMAD..Ini juga ajaran BENGKOK.

      Hapus
    8. Yanuar..... Tuhan ALLAH pasti punya ROH.. jika tidak punya ROH ( RUH ).. berarti tidak bisa apa-apa dan tidak berguna sama sekali. Sedangkan manusia , hewan dan tumbuhan saja punya RUH... tentunya TUHAN itu punya RUH..Bahkan benda matipun itu sebenarnya pounya RUH... Bumi ini juga punya RUH.. Jika umat MUSLIM mengatakan TUHAN ALLAH tidak punya RUH... berarti umat MUSLIM dan nabi MUHAMMAD itu BODOH MUGHOLADHOH...

      Hapus
    9. Tuhan Allah punya roh lalu yesus sendiri punya roh kemudian roh kudus apalagi. Jadi itu masing2 punya roh kan? Wkwkwk anda mau mengakui punya 3 tuhan aja pake beralibi sana sini. Lahh anda kok yg bilang "jika umat MUSLIM mengatakan TUHAN ALLAH tidak punya RUH" bukan saya wkwkwkk bodoh kok ngajak ngajak wkwkwkk

      Hapus
  34. Begini saja, kita nilai dulu dari Adam.... Allah mengusir Adam dan Hawa karna mereka berdua telah berbuat Dosa, dan Allah berkata "Maka engkau akan menjadi Tua dan mati", Engkau debu dan engkau akan kembali kedebu.... Ayat ini sudah jelas bahwa adam dan hawa tidak bisa Hidup lagi! Tapi Ajaran Islam berkata Adam adalah Nabi... Wah... nabi darimana? Ingat Kita semua manusia berdosa keturunan Adam, Muhammad juga berdosa, tetapi ada satu manusia yang tidak berdosa yaitu Anak Allah YESUS, mengapa Allah mengutus Yesus kebumi... Agar ia menebus dosa Manusia, karena Manusia yang sempurna Hanya Yesus.... Adam yang terakhir... Maka kita ditebus oleh Putra Allah... kalau YESUS kebumi hanya menginjil untuk apa, tidak ada gunanya... kita pasti akan mati. Tetapi Allah mengutus Putranya kebumi untuk Menebus Dosa seluruh Umat manusia... Ingat DR.ZAKIR NAIK hanya memainkan logika... Tetapi AL-KITAB adalah perkataan Allah... Kalian lebih memilih mendengar perkataan manusia atau perkataan Allah....

    BalasHapus
  35. Bagi yang mengatakan bahwa agama Islam mengusili agama lain dan agama lain tidak mengusili agama Islam, jawabnya :
    1. Contoh : Bagaimanakah caranya seseorang itu akan mengusili anak yang belum lahir?
    2. Dan itu bukan mengusili, cuma mengatakan yang sebenarnya.
    3. Agama Islam itu damai : lakum dinukum waliyadin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mengusili itu bukan agamanya .. tapi kelakuan umatnya. Misalnya umat ISLAM ARAB ( ISLAM MUHAMMAD ) membakar tempat ibadah warga sapto darmo ( ajaran kejawen ) . Padahal ajaran KEJAWEN itu memang haknya hidup dan berkembang di JKAWA. Sebaliknya pengikut ajaran ARAB itu HAKNYA di ARAB, tapi mengapa umat MUHAMMAD malah SEWENA WENA ? Coba bayangkan jika ada seorang tamu pria yang datang ke rumahmu lalu menganiaya kamu lalu menyetubuhi istrimu.... Bagaiman aperasaanmu ? Apakah kamu suka dan senang ataukah kamu sedih dan sakit hati ?

      Hapus
    2. Huaaaa.. AJARAN MUHAMMAD itu DAMAI ? Huaaaa.. jangan MIMPI ya.. Awal perkembangannya saja dimulai dengan cara perang dan BUNUH_BUNUHAN... kok kamu katakan DAMAI ? Huaaaa...MIMPI teruslah kamu...

      Hapus
    3. Huaaaa... MIMPI teruslah kamu... Ajaran MUHAMMAD suka memfitnah dengan menuduh sesat sirik musrik dan kafir pada umat agama lain... kok .. kamu katakan agama ISLAM itu DAMAI ... Huaaaa.. Jika kamu dituduh sesat sirik musrik dan klafir oleh umat agama lain.. lalu apakah hatimu DAMAI ?? GOBLOKMU...GOBLOKMU>>>>

      Hapus
    4. HUaaaaaa... SEBENARNYA menurut siapa ? Apakah sebenarnya menurut MUHAMMAD ? Huaaaaa.. BENAR menurut MUHAMMAD belum tentu BENAR menurut KARJANAGA..
      Misalnya.... berkiblat pada kakbah ARAB itu benar menurut MUHAMMAD... tapi SALAH menurut KARJANAGA. Sebab manusia itu TIDAK bergantung pada kakbah ARAB... Tapi manusia itu bergantung pada BUMI.. Maka saya KARJANAGA menyuruh semua umat manusia apapun agamanya itu berkiblat pada BUMI.. dan tidak perlu berkiblat pada kakbah ARAB...MUHAMMAD itu masih BODO>>>

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  36. siapa nama tuhannya orang islam,...? Kalau namanya ALLAH ya biarkanlah mereka menyembah tuhannya sendiri kenapa orang kristen ikut-ikutan menyembah tuhannya orang lain

    BalasHapus
  37. Seharusnya terbalik,Islam yg seharusnya tidak boleh menggunakan Nama Allah, karena itu nama Allah orang kristen Arab

    BalasHapus
  38. Seharusnya terbalik,Islam yg seharusnya tidak boleh menggunakan Nama Allah, karena itu nama Allah orang kristen Arab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Betul sekali.... Umat KRISTEN lebih dulu menggunakan nama ALLAH , maka hak paten nama ALLAH itu milik umat KRISTEN.

      Hapus
  39. Jika istilah ALLAH itu lebih dulu digunakan oleh umat KRISTEN di Arab daripada umat MUSLIM ( ISLAM ARAB ), maka otomatis HAK PATEN nama ALLAH itu milik umat KRISTEN dan bukan milik umat MUSLIM ( umatnya MUHAMMAD ). Dengan kata lain Nabi MUHAMMAD dan umatnya itu plagiat atau mencontek atau pengikut atau pengekor atau bawahan dari umat KRISTEN. Tapi kenyataannya justru umat MUHAMMAD yang cuma plagit itu ingin menguasai nama ALLAH.
    Untuk itu seharusnya umat KRISTEN harus tetap mempertahankan dan menggunakan nama ALLAH. Sebab Nama ALLAH tersebut ada kaitannya dengan leluhur Nabi ISA yaitu Nabi ISHAK . Nabi ISHAK memang berselisih dengan nabi ISMAIL karena rebutan jabatan pangeran dari nabi IBRAHIM. Sedangkan SARAH ( ibu ISHAK ) itu rebutan jadi permaisuri dengan HAJAR ( ibu Ismail ).

    BalasHapus
  40. Aneh, malah jadi timbul pertanyaan pertanyaan baru buat anda.
    1. Anda bilang nama Allah lebih dulu digunakan oleh kristen di arab. Sy tanya emangnya agama kristen anda datangnya dr tanah arab yg berbahasa arab?
    2. Jk anda bilang nama Allah adalah hak paten kristen harusnya kristen diseluruh dunia memakai nama Allah donk. Coba Anda tanya ke kristen di philipina deh apakah mereka menyebut tuhan nya pake nama Allah? Sekalian ke kristen di negara2 lain juga tuhh.
    3. Klo anda mengaku nama Allah sdh paten krn dipake oleh kristen arab hrs nya bible anda menggunakan bible berbahasa arab di semua bible di seluruh dunia. Jd bible karya matius dkk yg berbahasa yunani hrsnya dibuang.
    4. Dlm bible ayat yoh 2:4 terjemahan bhs indonesia yesus memakai kata IBU sementara bible bhs inggris KJV memakai kata WOMAN, knp bisa berubah?
    5. Kalo nabi Muhamad mnrt anda plagiat memakai nama Allah dan Muhamad berseru kepada umat muslim utk menyembah satu Tuhan saja yaitu hanya Allah saja kenapa anda tidak ikuti apa yg disampaikan Muhamad bhw tuhan kita adalah hanya Allah saja yg Esa satu tanpa ada tuhan kedua dan ketiga? Dari sini anda mau mengelak atas seruan Muhamad atau anda mau mengakui bhw tuhan kami memang cuma satu yg Esa yaitu Allah Tuhan Semesta Alam.
    6. Anda ini inkonsisten sekali. Aneh dan memalukan. Disisi lain anda mengingkari kitab kami kitab Quran tp di wkt yg bersamaan anda masih bisa mau mengakui nama nabi Isa Alaihisalam sang nabi muslim yg cuma ada nama nya di kitab kami. Anda mau merujuk memakai kitab kami? Payahh
    7. Jk anda mengimani nabi Isa Alaihisalam nabi kami umat muslim yg namanya itu cm tersebut pada kitab kami maka seharusnya anda juga pervaya donk dng hadiat nabi Muhamad bhw kelak nabi Isa A.S akan menghancurkan salib, membunuh babi dan melanjutkan misinya sbg nabi utk memimpin umat Muslim kelak. Gimana donk?
    8. Klo skrng anda lagi lagi mau mengklaim bhw nama Isa itu sdh dipakai oleh kristen arab maka knp kalian memanggilnya dng nama yesus? Jd agama anda dan yesus itu datangnya dr tanah arab atau dari tanah luar arab????

    Silahkan jawab. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar....Saya Karjanaga sebagai ketua maksar Indonesia akan menjawab pertanyaaanmu .
      Jawaban nomor 1 : Nama ALLAH itu pertama kali diucapkan oleh NABI IBRAHIM. Lalu diteruskan oleh keturunannya. Nabi Isa lahir itu sebelum tahun masehi..Sedangkan nabi Muhammad itu lahir sekitar tahun 571 masehi.. Jadi jaraknya sekitar 100 tahun lamanya.
      Lalu ajaran Nabi ISA ( KRISTEN )itu masuk ke ARAB. Lalu umat KRISTEN di ARAB itu mengalih bahasakan kata ELLOHI menjadi ALLAH yang berasal dari kata AL ( segenap ) dan kata ILLAH ( sessembahan ). Jadi nama ALLAH itu lebih dulu digunakan oleh umat KRISTEN di ARAB daripada umat MUSLIM di ARAB. Jadi pertanyaaanmu itu menunjukkan kamu itu GAGAL FAHAM.

      Hapus
    2. Yanuar... Tambahan jawaban nomor 1 : Jadi sebetulnya permasalahannya itu bukan tentang ALLAH itu milik agama apa, tapi permaslahannya adalah cuma tentang BAHASA saja yang berbeda. Jika kamu NEGYEL nama TUHAN itu harus ALLAH.. justru kamu malah DURHAKA pada TUHANmu sendiri. Logikanya adalah apa mungkin umat manusia kok memberi nama pada TUHAN-nya ? Jika manusia memberi nama TUHAN-nya berarti manusia itu harus lebih TUA daripada TUHANNYA sendiri dong...

      Hapus
    3. Yanuar.... Pertanyaanmu nomor 2... menunjukkan kamu GOBLOK dan DURHAKA pada TUHAN.. Justru manusia itu TIDAK BOLEH memberi nama pada TUHAN-nya.. Sebab manusia yang memberi nama itu harus lebih tua daripada yang diberi nama.. Kata ALLAH itu sebetulnya sebuah sebutan atau sebuah gelar yang boleh di alihbahasakan ke dalam bahasa lain.. dan bukan sebuah nama yang tidak boleh diganti..Jika kamu ngeyel bahwa ALLAH adalah sebuah nama... berarti umat MUSLIM itu DURHAKA pada TUHAN-nya..Apakah layak umat manusia kok memanggil nama TUHANNYA seperti memanggil temannya ? Misalnya ya ALLAH...... Perkataan ini setara dengan ... ya TONO.... Huaaaaaa... dasar kamu pengikut ajaran DURHAKA dari ARAB...

      Hapus
    4. Yanuar... Jawaban nomor 3 : Kata ALLAH memang hak patent umat KRISTEN di ARAB... Apakah kamu tidak tahu bahwa bangsa ARAB jaman dulu juga banyak yang beragama KRISTEN sebelum MUHAMMAD lahir ?.. Jika kamu tidak percaya .. kelak tanya sendiri pada ruh-ruh bangsa ARAB yang beragam KRISTEN .Sekali lagi.. KRISTEN di ARAB dan bukan KRISTEN di AMERIKA dan yang lainnya...

      Hapus
    5. Yanuar... Jawaban nomor 4 : Memang yang benar itu harus berubah sesuai bahasanya masing masing. Sebab kata TUHAN itu sebuah sebutan saja atau gelar , maka harus berubah sesuai bahasanya masing-masing bangsa. jika sebuah kata itu sebagai nama obyek ataupun subjek , memang tidak boleh berubah... Jika sebuah kata IBU itu kamu anggap sebagai sebuah nama yang tidak boleh berubah berati kamu itu belum faham dengan bahasa INDONESIA. Saya maklum karena pekerjaanmu cuma belajar alif bak tak sak saja... dan selalu NYUNGSEP dalam kakbah ARAB... ya beginilah jadinya..

      Hapus
    6. Yanuar.. Jawaban nomor 5 : TUHAN itu memang banyak... yaitu ada 5 level . Penjelasannya sbb. :
      1. Tuhan level 1 yaitu Tuhan dalam suatu manusia atau benda atau bangunan ( misalnya dalam kakbah /candi. piramida dll )
      2.Tuhan level 2 yaitu TUHAN dalam BUMI ( berkiblat pada BUMI )
      3. Tuhan level 3 yaitu Tuhan dalam matahari ( berkiblat pada matahari/pusat tata surya )
      4. Tuhan level 4 yaitu Tuhan dalam pusat galaksi ( berkiblat pada pusat galaksi ).
      5. Tuhan level 5 yaitu Tuhan Yang Maha Esa di pusat jagat raya.
      3. Tuhan level

      Hapus
    7. Yanuar.. Jawaban nomor 6 : Yang namanya perang itu bebas menggunakan senjata apa saja dan senjata siapa saja. Bahkan senjata lawan juga boleh digunakan untuk menyerang tuannya sendiri. Sama juga umat MUSLIM menyerang umat KRISTEN juga pernah menggunakan BIBBLE . kamu juga menyerang umat KRISTEN dengan INJIL juga... jadi sama juga kamu dengan yang kamu tuduh itu..

      Hapus
    8. Yanuar... Jawaban nomor 7 : TIDAK ada rumusnya umat MUHAMMAD bersatu dengan umat ISA ( KRISTEN ). Sebab Muhammad itu wakilnya ISMAIL dan HAJAR yang selalu bersaing dunia akerat dengan ISHAK dan SARAH yang diwakili ISA dalam rebutan permaisuri dan pangeran dari Nabi IBRAHIM..Jadi sudah takdir bahwa umat MUHAMMAD memang harus bersaing dengan umat KRISTEN...dunia dan akerat..

      Hapus
    9. Yanuar.. Jawaban nomor 8 : Nama YESUS itu nama lain daripada nabi ISA...YESUS itu artinya PUTIH dan KRISTUS itu arinya BERSIH. Jadi nabi ISA itu bergelar YESUS KRISTUS ( PUTIH BERSIH ) karena Nabi ISA itu memang SUCI. Buktinya nabi ISA tidak pernah membunuh sesama manusia. Bahkan nabi ISA itu tidak pernah berburu membunuh HEWAN. Sebaliknya Nabi MUHAMMAD itu sering membunuh manusia dan sering melakukan peperangan demi NAFSU ANGKARAMURKAnya. Oleh sebab itu MUHAMMAD tidak mendapat gelar YESUS KRISTUS. tapi Nabi ISA lah yang mendapat gelar YESUS KRISTUS. Jika seorang manusia itu bisa mencapai PUTIH BERSIH , maka manusia itu layak menjadi TUHAN level 1. Setingkat dengan TUHANnya umat MUHAMMAD yang level 1 juga ( TUHAN dalam kakbah / Tuhan dimulutnya MUHAMMAD )

      Hapus
  41. Anda tidak menjawab ke 8 pertanyaan baru buat anda.

    Jk anda mengakui tuhan Allah tuhan kristen maka buat apa ada tuhan anak dan tuhan roh kudus?

    Anda gk usah malu utk mengakui bhw anda punya tuhan lebih dari satu, ia kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada Yanuar... Saya mewakili penulis ( pengarang ) untuk menjawab pertanyaanmu.
      Tuhan ALLAH memang memerlukan media untuk menyampaikan WAHYU-nya.. Buktinya ALLAH-nya MUSLIM juga memerlukan MUHAMMAD. Jika TIDAK ada MUHAMMAD,.. lalu apakah kamu kira TUHAN ALLAH harus menyiapkan SPEAKER JUMBO untuk memberikan WAHYUNYA ?
      Ajaran MUHAMMAD memang secara eksplisit tidak mengatakan bahwa MUHAMMAD itu TUHAN. Tapi fakta dan buktinya MUHAMMAD justru DITUHANKAN oelh muslim . MUHAMMAD lebih dimuliakan daripada TUHAN ALLAH. Buktinya lafal MUHAMMAD selalu berada disebelah kanannya lafal ALLAH dalam huruf Arab . Lalu ucapan MUHAMMAD yang sudah wafat lebih dipercaya dan dipatuhi daripada ucapan ALLAH saaat ini..
      Kalau YESUS diakui sebagai anak ALLAH itu memang benar karena kedekatan antara YESUS dengan ALLAH.
      Hal yang paling parah adalah mengaku utusan ALLAH tapi malah menganiaya TUHAN ALLAH...mengaku berTUHAN ALLAH.. tapi malah memenjarakan ALLAH dalam KAKBAH...umat apakah yang paling parah ? Yaitu umat MUHAMMMAD sendiri ( umat MUSLIM )..

      Hapus
    2. Yanuar.. TUHAN ALLAH itu tiak mungkin muncul secara fisik. Maka perlu anak TUHAN ALLAH sebagai perwujudannya. Lalu TUHAN RUH KUDUS maknanya yang kita jadikan TUHAN itu RUH yang KUDUS atau SUCI.. RUH yang KUDUS itu misalnya tidak pernah melakukan pembunuhan pada sesama manusia. Jika Muhammad pernah melakukan pembunuhan pasa sesama manusia , maka RUH MUHAMMAD bukab RUH KUDUS ( suci ), tapi RUH MUHAMMAD merupakan RUH KOTOR. Semoga kamu faham..

      Hapus
  42. Anda masih belum mampu menjawab pertanyaan pertanyaan baru itu utk anda.

    Sy masih menunggu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar...Saya Karjanaga sebagai ketua maksar Indonesia telah menjawab semua pertanyaanmu...Jadi penulis / pengarang tidak perlu ( tidak usah ) menjawab pertanyaaanmu itu..

      Hapus
  43. Ilmu anda masih jauh kemana mana klo bahas soal Kabah dan Quran apalagi soal agama saya mas. Jauh Pake banget. :)

    Anda masih belum sanggup menjawab ke 8 pertanyaan baru itu utk anda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar... Saya Karjanaga Nusantara telah mewakili penulis dan telah menjawab semua pertanyaanmu itu.. Kamu umat MUSLIM hanya membuat GADUH di maksar Indonesia.. Jika kamu ingin GADUH.. silahkan minggat dari maksar Indonesia menuju Arab atau..Timur Tngah sana..

      Hapus
    2. Yanuar.... Ilmu itu cuma ilmu sareatnya saja... kok banggamu bukan main..Jika ilmumu tinggi maka kamu harus bisa menjawab secara benar semua pertanyaan saya.
      Salah satu pertanyaaan dari saya yaitu:
      Bagaimanakah keadaaan TUHAN ALLAH saat ini? Pilih saja !
      (a). Masih HIDUP dan masih bisa memberi petunjuk .
      (b). Sudah MATI dan tidak bisa memberi petunjuk.
      Pikir dulu sebelum menjawabnya. Apapun jawabanmu ada implikasi yang sangat besar nama besarmu!

      Hapus
  44. Makanya klo mau belajar agama Islam itu jng asal asalan masa belajar agama Islam di gereja wkwkwkk gk nyambung jek.
    Jng memepermalukan diri anda sendiri dilapak ini deh wkwkwkwk

    Saya tunggu anda jawab 8 pertanyaan baru itu yakkk

    Oia mengakui tuhan anda ada lebih dari satu lebih simpel dan clear kok daripada belibet ia kan?

    Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada Yanuar ... Apa gunanya bwrtuhan cuma satu.. tapi TUHAN dalam KAKBAH arab ? Atau TUHAN cuma SATU cuma DIMULUITnya MUHAMMAD ?
      Ibaratnya kamu bertuhan cuma SATU itu adalah kamu cuma kenal sama KEPALA DESA saja, kamu belum kenal sama CAMAT... kamu belum kenal sama BUPATI... belum kenal sama GUBERNUR..kamu belum kenal presiden... Jadi punya TUhan lebih dari SATU itu lebih baik daipada punya TUHAN cuma SATU... Apalagi tuhan SATU cuma dalam KAKBAH ARAB terus...ini sangat PARAH...ALLAH dalam KAKBAH... TIDAK PENGALAMAN....HUaaaa.... huaaa.. Kasihan ALLAHnya MUSLIM.. tidak bisa NONTON NDANGDUT>>>> Huaaaaaa
      Inilah balasan saya atas tuduhan sesat sirik musrik dan kafir....Hari pembelasan pati datang...Huaaaaa

      Hapus
    2. Yanuar kamu masih belum faham dengan maksud saya.. Tuhan saya itu SATU dalam satu level , tapi Tuhan saya bisa banyak jika merambah kesemua level. Maksudnya yaitu dalam hati saya ada satu TUHAN.. ( level 1), lalu dalam BUMI yang saya tempati saya punya satu TUHAN ( level 2 ). Lalu dalam pusat tata surya ada satu TUHAN.( level 3 ). lalu dalam pusat galaksi ada satu TUHAN ( level 4). lalu dalam pusat jagat raya ada satu TUHAN ( level 5). Jadi ibaratnya dalam kehidupan nyata itu ada satu kepala desa ( level 1), lalu ada satu camat ( level 2). lalu ada satu bupati ( level 3). lalu ada satu Gubernur ( level 4). Lalu ada satu presiden ( level 5 ).
      Sedangkan kamu dan MUSLIM itu tahunya baru TUHAN level 1 yaitu TUHAN dalam kakbah ARAB saja, atau TUHAN dalam dirinya MUHAMMAD saja.. dan belum kenal TUHAN pada level berikutnya. Ilmumu itu cuma ilmu anak SD saja..

      Hapus
  45. Anda masih belim mampu menjawab satu pun atas ke 8 pertanyaan baru diatas itu.

    Sekarang anda makin jauh lagi dan malah membuat saya makin bertanya lagi ke anda.

    Pertanyaan baru lagi :

    1.anda masih memakai nama “Nabi Isa” yg faktanya nanbi Isa cuma tersebut dlm kitab saya jadi anda sudah NYAPLOK nama nabi Isa tsb anda rujuk dari kitab saya. So nama yesus hrs nya anda buang jauh jauh.
    2. Anda menyebut “nabi Isa” sampai sini ada sdh mengakui bhw nabi Isa memang hanya seorang nabi saja. Betul? Krn sesuai yg anda caplok bhw nabi Isa versi kitab saya tidak pernah mengklaim dirinya menjadi tuhan. Kecuali anda balik lagi pake rujukan bible anda wkwkwkwk
    3. Anda mau pilih mana membunuh dan perperang melawan orang orang kafir yg fasik atau anda mau membela yahudi yg mampu membunuh yesus tuhan anda?
    4. Syarat sbg Tuhan itu tidak bisa dibunuh oleh manusia ciptaanya sendiri. Jadi klo yesus bisa dibunuh sdh pasti itu bukan tuhan. Apa anda mau berterima kasih sm yahudi krn berhasil membunuh tuhan anda?
    5. Kematian yesus ditiang salib itu krn rencana/skenario tuhan atau krn KECELAKAAN? Aneh tuhan kok kalah set sama manusia, klo krn kecelakaan ya makin ngaco kok tuhan bisa celaka sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada.. Yanuar.....Huaaaaa... Waktu.. disalib itu YESUS belum jadi TUHAN... Setelah YESUS wafat... lalu... bangkit .. lalu menuju SURGA....maka barulah YESUS mendapat GELAR TUHAN..
      Seorang manusia memang bisa menjadi TUHAN.. jika manusia itu sudah mencapai tingkat teringgi...
      MUSL:IM sendiri juga menuhankan KAKBAH ARAB.. ALLAH itu artinya segala sesembahan. Jika muslim berkiblat pada satu bangunan kakbah , maka ALLAHnya ya SATU KAKBAH ( segala dalam kakbah ) Jika saya berada dalam kakbah sehari semalam berarti saya disembah oleh umat MUSLIM sedunia dalam waktu sehari semalam juga....

      Hapus
    2. Yanuar... Faktanya Nabi MUHAMMAD saat ini juga dijadikan TUHAN oleh umat MUSLIM... Buktinya umat MUSLIM saaat ini sangat PATUH pada perintah ( ucapan ) MUHAMMAD yang sudah wafat . Dan sebaliknya malah TIDAK PATUH pada perintah Tuhan ALLAH saat ini yang masih HIDUP. dengan demikian berarti umat MUHAMMAD itu MENUHANKAN MUHAMMAD dan malah MEWAFATKAN TUHAN ALLAH-nya sendiri... Huaaaa.. OTAK TERBALIK MUGHOLADHOH..

      Hapus
    3. Yanuar,, saya ini orang MERDEKA sekali.. Boleh pakai Quran.. Boleh pakai INJIL... boleh pakai WEDA... boleh pakai TRIPITAKA dan boleh pakai kitab yang lain.. tergantung mana yang saya perlukan.. Saya bukan BUDAK sebuah KITAB.. karena AKAL dan JIWA saya lebih berharga daripada sebuah KITAB. Yang saya bawa mati itu bukan kitab bukan kakbah.. bukan NABI,, tapi yang saya bawa mati ke alam barzah adalah ilmu hakekat dan ilmu makrifat...Apakah kalau kamu mati kelak akan membawa KITAB AL_QURAN ? Huaaaaaa

      Hapus
    4. Yanuar.. Jika kamu akan minta tanda tangan pada presiden ( ibarat TUHAN di pusat jagat raya / surga/ Tuhan level 5).. apakah kamu langsung menuju presiden ataukah harus lewat kepala desa ?

      Hapus
  46. Untuk apa Al-Quran diperdebatkan ? Untuk apa INJIL diperdebatkan ? Semua itu tidak ada gunanya bagi KEJAYAAN MAKSAR INDONESIA. Seharusnya saat ini semua bangsa Indonesia berfokus pada PETUNJUK TUHAN ALLAH yang saat ini masih HIDUP untuk mengatasi permasalahan bangsa dan umat manusia saat ini... Dan jangan malah cuma ceramah atau promosi ajaran dari ARAB ataupun ajaran dari YERUSALEM.
    Jika kalian memang benar-benar TUHANMU ALLAH itu masih HIDUP seharusnya KALIAN ikuti dan imani apa -apa petunjuk ALLAH saaat ini melalui saya KARJANAGA sebagai KETUA MAKSAR INDONESIA. Silahkan searching di GOOGLE dengan mengetik maksarindonesiakooperatif.wordpress.com

    BalasHapus
  47. Fix anda tidak sanggup menjawab ke 8 pertanyaan diatas itu plus pertanyaan baru saja anda pasti keteteran.

    Siapa yg perdebatkan Quran dan Injil?
    Saya lg bertanya ke anda knp anda memakai dan mengebut nabi Isa yg cm ada dlm kitab saya kok.
    Klo anda mau kekeuh ya silahkan aja tp anda hrs sadar diri bhw nabi Isa yg ada dlm kitab saya itu bukanlah tuhan dan tidak lah pernah mati kesalib.

    Lah siapa juga yg menganggap tuhan Allah saya mati wkwkkw bukannya anda yg menganggap tuhan anda pernah mati wkwkwkk

    Level anda msh jauh utk dianggap orang terpelajar dlm ilmu agama mas. Gada juga yg menganggap anda hebat kok wkwkkwk jng pernah ke GR an dehh wkwkwkwk

    Kasih. Agama anda berlandaskan kasih kan.
    Saya tanya, apakah ajaran kasih perlu atau harus ditempuh dng cara pertumpahan darah alias pembunuhan terhadap tuhan anda?
    Apakah yahudi akan masuk surga tuhan atau ke nerakanya tuhan?
    Apakah tuhan anda mampu mengampuni dosa manusia tnp ada kematian yesus?

    Nah lohh jadi makin banyak kan tuh pertanyaanya
    Wkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar.. Kamu memang tidak berkata TUHAN ALLAHMU MATI.. Tapi semua perbuatanmu itu menunjukkan TUHAN ALLAHMU MATI.. Buktinya.. kamu tidak percaya bahwa TUHAN ALLAH saat ini masih bisa berbicara ( masih bisa memberi petunjuk ). Ini menunjukkan bahwa kamu belum faham dengan MAKNA IMPLIKASI.. Jadi ilmumu itu masih setingkat anak SD.

      Hapus
  48. Baik, sy sdh dpt 1 jawaban anda tsb atas 8 pertanyaan saya diatas. Anda msh ada 7 pertanyaan sy yg perlu anda jawab sekalian dng pertanyaan2 berikutnya yg lain.

    Akan sy respon jawaban no.1 anda :

    Jawaban anda masih memaksakan diri bhw nabi Isa yg namanya dan kisah nya cm ada dlm kitab saya adalah seorang muslim yaitu seorang nabi yg mengajarkan ajaran tuhan yg Esa dng ajaran Tauhid. Sampai sini anda hrsnya setuju bhw ajaran tuhan yg Esa adalah ajaran yg berkelanjutan dari nabi ke nabi berikutnya yg disebut dng istilah agama samawi.
    Anda sdh bilang sendiri klo kristen sampai masuk ke arab. Makanya sy tanya emang nya yesus dan agama anda dan kitab suci anda datangnya dr tanah arab? Anda melupakan perkataan anda sendiri bwh katanya lalu kristen masuk ke arab lahh berarti sblm masuk ke arab kristen sdh eksis terlebih dahulu di tanah luar arab ia donk?? Hrs nya anda memakai sebutan nama yesus atau apalah sesuai dialek dan bahasa sesuai daerah asal nya lahh wkwkwkwk jadi ketuhanan dlm keagamaan anda itu merujuk paka kristen yg datang ke arab atau kristen yg sdh eksis duluan diluar tanah arab mas? Wkwkwkwk

    Skrng anda kekeuh msh mau make ke arab araban yakkk padahal kalangan anda paling demen bngt sama anti arab atau anti ke arab araban wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar... Kamu belum faham dengan nama TUHAN..Jika nama TUHAN itu tidak harus sama dalam satu bahasa. Tapi nama TUHAN itu harus sebagai sebtan atau sebagai gelar sesuai bahasa masing masing bangsa. Jika nama TUHAN itu harus sama sebagai nama diri,, maka manusia itu telah DURHAKA pada TUHANNYA sensiri.. Sebab tuidak MUNGKIN umat manusia memberi nama TUHANNYA sendiri. Sebab TUHAN itu telah ada sebelum maumat manusia itu ADA. Ibaratnya begini.. jika kamu punya anak tentunya kamu berhak memberi nama pada anakmu itu. Dan bukan sebaliknya anakmu memberi nama pada kamu.. jadi kamu harus bisa mengerti bahwa manusia itu TIDAK BOLEH memberi nama pada TUHANNYA. Tapi manusia itu hanya boleh menyebut gelarnya saja..( bukan nama diri ).

      Hapus
    2. Yanuar... Sebelum SMUHAMMAD lahir... Istilah ALLAH itu sudah ada.. Jadi istilah ALLAH itu bukan hak paten MUHAMMAD, tapi hak paten bangsa ARAB sebelum MUHAMMAD ( yaitu yang dituduh KAFIR . Jadi umat MUSLIM itu nyotek dari KAFIR juga...

      Hapus
    3. Yanuar.. saya pakai Arab juga hak saya.. supaya kamu lebih mantab...dan supaya kamu lebih faham karena kamu cinta ARAB

      Hapus
    4. Yanuar... Saya ini anak buah Nabi ADAM yang mewariskan seluruh isi bumi ini juga merupakan kakek moyang dari semua bangsa.. jadi Saya bebas memakai bahasa apa saja.. boleh bahasa JAWA boleh Indonesia.. boleh Inggris.. boleh Arab.. boleh Cina dan lain -lain.. jadi sah-sah saja... Berneda dengan TUHAN ALLAHMU yan g selalu DIPAKSA BERBBAHSA ARAB oleh MUHAMMAD dan umatnya... Huaaaaaaa... TUHAN.. kok DIPAKSA -PAKSA oleh manusia.... Huaaaaaaa..Kasian sekali deh..kalau terpaksa-paksa..

      Hapus
  49. Siapa yg ngeyel mas wkwkwk kelihatan banget anda tidak membaca balasan saya dng seksama wkwkwkwkk

    Ngaco anda canggih amat mas, ini ketua macam apa sihh? Ketua RT yakkk wkwkwkwk

    Anda msh ngaco buat menjawab pertanyaan no.1 itu mas. Makin jauhh ngaconya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar... Kamu muslim tentunya kelak ke akerat ARAB. ikut nabimu.. Sedangkan saya tetap di akerat Indonesia.. Kamu tahu maksar atau tidak ? Jadi sayalah ketua di akerat Indonesia.. Sedangkan Muhammad itu ketua MUSLIm di akerat ARAB..MUHASMMAD telah kalah berdebat dengan satya.. Apalagi cuma kamu.. Tanya sendiri pada NABIMU MUHAMMAD..

      Hapus
    2. Yanuar... balsanmu itu paling-paling niru ucapan MUHAMMAD yang tidak KULIAH.. OGAH ah.. Yang jelas.. kamu itu PENGIKUT KAKBAH ARAB yang DURHAKA Pada maksar INDONESIA... jelas sekali..

      Hapus
    3. Yanuar... Jawaban saya tidak ngacau tapi sesuai akal pikiran dan logika. Sebaliknya jawaban dan ilmumu itu cuma keyakinan yang belum terbukti.
      Sekali lagi kamu belum kenal tentang ALLAH. ALLAH itu bukan sebuah nama diri, tapi sebuah gelar . Jika ALLAH itu nama diri maka yang memberi nama itu usianya harus lebih tua daripada ALLAH . Sama saja kamu memberi nama pada anakmu, maka kamu tentu lebih tua daripada anakmu itu. Kamu tentu tahu kapan lahirnya anakmu itu danm tahu dimana tempat kelahirannya. Sedangkan jika nama ALLAH itu nama sebutan atau gelar, maka tidak perlu tahu hari kelahirannya. Ternyata kamu belum faham dengan sebuah kata sebagai nama diri ataukah sebuah kata sebagai gelar atau sebutan.

      Hapus
  50. Ketua yg goblok kok bangga amat mas wkwkwk

    Anda punya 3 sebutan utk tuhan anda kan? Makanya sy bilang mendingan anda mengakui aja klo anda memang punya tuhan yg lebih dari satu.
    Anda berdoa aja pake mengyebut nama masing2 tuhan kan mas yaaa artinya anda yg goblok dan durhaka lah mas.

    Yg ngeyel dan durhaka itu para penulis bible anda mas yg tdk serempak memakai nama Allah. Masa bible memakai nama Allah cm bible bhs indonesia dan arab doank wkwkwkwkk jawaban no.2 maksain banget pengen sama kearab araban tapi anti arab wkwkwkwkk ketua ngaco kau mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar.. mari kita buktikan sipakah yang GOBLOK....di sini tempatnya...

      Hapus
    2. Yanuar.. TUGAN saya memang banyak.. yaitu TUHAN di BUMI..lalu TUGHAN di matahari.. lalu TUHAN di pusat galaksi.. lalu TUhan di surga... Kamu cuma punya TUHAN dalam kakbah ARAB saja kok sombongnya bukan main.. Suruh TUHAN ALLAHmu ke sini,,, ke INdonesia.. kalau berani..

      Hapus
    3. Yanuar... sekarang gantian saya yang bertanya pada kamu.. Pertanyaannya satu dulu.. jika kamu bisa menjawab dengan benar maka akan saya beri pertanyaan lagi.
      Pertanyaaan no. 1 : Jelaskan persamaaan dan perbedaaan antara NURILLAHI dan SIRRILLAHI serta bagaimana fungsi dan keuddukannya dalam diri seseorang..( silahkan tanya pada ustadzmu atau ketua MUI..jika kamu tidak bisa menjawabnya ).

      Hapus
    4. Yanuar.. Kamu belum tahu dan belum faham informasi terkini dari alam ghaib dan dari langit..Kamu belum faham dalil.. " Aladzina Yukmununnna bilghaibi... "

      Hapus
    5. Yanuar... Pertanyaan lagi untukmu.. Dimakah TUHAN ALLAHMU bersemayam ? (a). Dalam kakbah ARAB (b) di surga
      Jika jawabanmu a maka kamu harus bisa msuk kakbah agar bisa bersamamya karena sudah puluhan tahu kamu menyembahnya.
      Jika jawabanmu b maka kamu sholat harus menghadap ke timur sesuai perjalanan bumi menuju akhir jaman dan menuju Tuhan.

      Hapus
    6. Yanuar... Yang GOBLOK MUGHOLADHOH itu kamu sendiri. Kamu belum faham tentang DZATULLOH, juga belum faham dengan SIFATULLOH , belum faham dengan ENERGIALLOH, kamu belum bisa komunikasi dengan para NURILLAHI dan para SIRRILLAHI, bahkan komunikasi dengan NURILLAHIMU sendiri saja kamu belum bisa. KOK kamu berani-beraninya menmghina saya GOBLOK...Hinaanmu itu berat resikonya.. dunia akerat sampai 7 turunan ...Ingat ya itu...

      Hapus
  51. Mas anda pikir sy tdk tau sejarah kristen???
    Anda sdh katakan diatas bhw kristen sblm nya memang ada diluar arab malah anda sdh bilang jg bhw kristen lalu tiba di arab. Piyee toh mas mas.

    Klo anda PD dng kristen arab maka hrs nya penyebaran kristen di seluruh dunia ini sdh pasti merujuk ke arab. Tapi anda melupakan asal muasal dr mana yesus dan dr mana kitab suci anda berasal wkwkwkwkk

    Jawaban anda utk no.3 makin ngaco mas ngaco sengaco ngaconya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar..Saya tidak perlu Kristen.. juga saya tidak perlu MUSLIM.. yang saya perlukan adalah petunjuk TUHAN ALLAH saat ini yang masih HIDUP..untuk mengatasi jaman DURHAKNIYAH di Indonesia.. Termasuk kamu yang DURHAKA pada BUMIMU sendiri...

      Hapus
    2. Yanuar .. orang KRISTEN tidak mau memperbudak sesama manusia.. yang suka memperbudak sesama manusia itu umat MUSLIM yanmh harus NYUINGSEP dalam kakbah ARAB.. Tuhan orang KRISTEN itu MERDEKA.. sedangkan TUHAN MUSLIM itu TIDAK MERDEKA alias dipenjara .. harus dalam kakbah Arab dan harus berbahsa ARAB .. Jadi berbeda sekali dong..

      Hapus
  52. Anda tidak menjawab pertanyaan no.4 tapi anda cuma ngeyel asal asalan mas. Knp? Kata ibu adalah sebutan bagi wanita yg punya anak. Penyebutan ibu adalah sebutan anak kpd ibunya. Memanggil ibu adalah bntuk penghormatan anak pada sang ibu bukan sebutan hinaan. Tp klo anda baca bersi KJV bhs inggris anda akan miris masa ia anak memakai kata WOMAN? Anda baca tuh bhs inggrisnya malah disana ada catatan kaki nya lohh.

    Dari sini aja sdh kliatan ada modus penipuan dlm pemulisan bible bhs indo yg berbeda dng versi bhs inggris. Apa ia anda gk mau kroscek ke LAI? Wkwkkwk

    Masa kitab suci itu firman tuhan mas gk bisa diubah ubah sesuai kebutuhan manusia apalagi kau cm punya terjemahan doank wkwkwkwk coba anda cek ke ayat versi aslinya itu apaan dehh.
    Ingat mas! Dlm bible bhs inggris kata WOMAN itu juga disematkan utk pelacur yg tertera di bible anda.
    Kalo ilmu anda cuma segini sy maklumi kok mas klo anda memang malu utk mengakui nya wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar.. Kamu slah faham akan maksud saya... Maksud saya adalah umat manusia itu tidak boleh memberi nama diri pada TUHAN-nya..Jika manusia memberi nama diri pada TUHANNYA maka manusia itu harus lebih tua daripada Tuhannya senidri itu. Kongkretnya begini.. namamu itu pemberian dari orang tuamu.. danbukan pemberian oleh anakmu...Itu maksud saya..

      Hapus
    2. Yanuar... yang mengartikan anak perempuan sebagai woman itu kamu sendiri dan bukan saya. Masalah Pelacur itu juag wanita.. Apanya yang salah jika pelacur disebut woman dalam Kitab ? Apakah pelaur itu harus diberi nama kambing ?
      Bagi saya pelacur itu urusan sendiri. Jika pelaacur itu tidak menyakiti hati saya, maka saya tetap hormat padanya. Sebaliknya walaupun kamu ityu SANTRI TEKUN sholat 100 kali sehripun, tapi jika kamu menghina saya dan menyakiti hati saya dengan tuduhan sesat sirik musrik dan kafir, maka kamu saya anggap tidak lebih dari KUCING GARONG ynag SUKA NYOLONG.
      Kalau PELACUR saja bisa menyenangkan hati orang lain , tapi mengapa kamu yang ngaku paling agamis , malah selalu menyakiti hati orang lain ? Aajaranmu itu ajanat TUHAN ataukah ajaran SETAN ?

      Hapus
    3. Yanuar ..saya tidak ngeyel tapi saya berkata sesuai akal pikiran dan logika. Sebaliknya kamulah yang gagal faham. Kamu belum faham dengan hakekat TUHAN.
      Hakekat TUHAN itu sama saja sebuah birokrasi atau sebuah jaringan.
      Saya jelaskan sejelas jelasnya:
      Ibarat jaringan televisi 1. Rangkaian televisi = TUHAN WUJUD ( YESUS=ISA). 2. studio tv = TUHAN ESA/ALLAH BAPA di surga ). 3. Sinyal gelombang frekuensi= RUH KUDUS. Inilah yang dikenal dengan TRINITAS dalam KRISTEN.. Ajaran inilah yang benar. Karena 1. ada peswat televisinya yang normal / wujud. 2. Ada studionya yang aktif. 3. ada gelombang frekuensinya.. Dengan adanya 3 hal itu, maka terciptalah komunikasi yang serasi.
      Bandingkan dengan keyakinanmu .. cuma ALLAH sebagai wujud .. tidak ada studionya.. tidak ada gelombang frekuensinya. Lebih parah lagi umat MUSLIM memenjarakan ALLAH-nya sendiri.. ALLAH tidak boleh pindah tempat.. Allah tidak boleh berbahasa yang lain..Jadi pakailah OTAKMU dan jangan cuma pakai PANTAT ONTA ARAB.

      Hapus
  53. Jadi anda mengakui klo tuhan ada ada banyak?
    5 level?

    Level level tsb sdh cukup ada dan lengkap dimiliki oleh Allah SWT mas.
    Klo satu tuhan aja yg bisa semuanya dan kuasa terhadap segala sesuatu knp anda gk menyembah ke satu tuhan aja mas? Jd gk perlu ada jabarkan level level nya ini itu sgala macem keles.

    Jadi tuhan menurut anda itu harus memiliki unsur level level itu yak wkwkwkk anda emang nya mabi tuhan pake kuasa neybutin level level tuhan sgala.

    Krn dr level level yg anda sebutkan memancing saya utk bertanya lagi tauuu. Tp sdh sy maklumi kok anda akan lelah menjawabnya wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar,, Istilah ALLAH itu ada setelah adanya bangsa Arab.. Sebelum bangsa Arab ada, maka istilah ALLAH belum ada.. Jaman Nabi ADAm juga belum ada istilah ALLAH.. jaman nabi NUH juga belum ada sebutan ALLAH... Jadi istilah ALLAH itu ahir belakangan. jadi nama ALLAH ini lahir setelah bangsa ARAB berbahasa ARAB.. Jadi BUMI ini telah ada lebih dulu daripada nama ALLAH..jadi jangan angkuh pada BUMI..

      Hapus
    2. Yanuar... Huaaaaa... ALLAHMu itu terkungkung dalam kakbah ARAB.. kok kamu katakan level 1 sampai 5.. Jika ALLAHmu itu level 2( level bumi ) , maka kamu sholat harus menghadap ke timur, sebab bumi ini bergerak ke timur. Ibarat ALLAH itu sopirnya bumi ini tentu ALLAH menghadap dan bergerak ke timur dan bukan kebarat... Huaaa .. GOBLOKMU KELIHATAN...
      Jika kamu sopir bus ( ibarat bumi ) yang bergerak ke timur , maka kamu dan penumpangnya juga menghadap ke TIMUR... dengan demikian jelas sekali TUHAN ALLAH MUSLIM ( tuhanmu ) itu TUHAN level 1 yaitu TUHAN dalam sebuah bangunan. BUktinya kamu sholat selalu NYGSEP dalam kakbah ARAB tapi sampai puluhan tahun belum bisa masuk kakbah Arab.. huaaaaa

      Hapus
  54. Jawaban anda bukti anda sudah kebingungan mas wkwkwkwk ini loh sang ketua wwkwkwk

    Kan sdh sy bilang anda ini boro biro tau soal agama sy apalagi ke ilmu Quran. Wkwkwkk
    Anda memakai istilah arab utk pembenaran diri anda doank. Skrng anda bilang ke sy bhw sy jg nyerang pake injil. Wkwkwkk mas kata taurat dan injil itu berulang ulang disebutkan dalam kita Quran. Jd sy wajar lah bawa bawa injil. Dlm Quran Ini loh taurat ini loh injil lahhh klo bible anda apa ia pernah menyebut kitab Quran? Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar.. saya bebas menggunakan apa saja...Sebab saya ini wakilnya aturan bumi.. Sedangkan MUHAMMAD juga asalnya dari bumi dan ke,mbali pada BUMI.. jadi saya bebas menggunakan apa saja yanmg ada di bumi ini..

      Hapus
    2. Yanuar... saya wakilnya nabi ADAM memang harus mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah.. Saya ketua maksar Indonesia paling berhak di Indonesia.. Sedangkan MUHAMMAD itu haknya di ARAB.. Jadi jika kamu ikut MUHAMMAD maka hakmu di ARAB sana dan bukan di Indonesia.

      Hapus
    3. Yanuar.. pertanyaaanmu itu TIDAK bermutu alias pertanyaaan level C 1 ( ingatan dan hapalan ). Level pertanyaan itu ada 6 lvel yaitu mulai dari level C 1 sampai level C 6.. Apakah kamu tahu huruf C itu singkatan dari apa ?

      Hapus
    4. Yanuar... Ilmu Al-Quran yang kamu miliki itu cuma ilmu hapalan doang. Saya tidak tertarik. Sebaliknya ilmu Al-Quran yang saya miliki itu merupakan ilmu terapan alias ilmu penggunaannya.
      Apa gunanya kamu hapal Al-Quran tapi tidak tahu penggunaannya ? Untuk apa ? Apakah Al-Quran diturunkan itu cuma untuk hapalan doang dan untuk mencari uang doang ?
      Ibaratnya begini.. kamu punya segudang alat yang ditempatkan diberbagai lemari( ibarat syrat dan ayat ) . Tapi sayangnya kamu tidak faham dan tidak tahu penggunaan alat-alat itu.. Jadi apa manfaatnya kamu hapal tempat surat dan ayat .. tapi kamu tidak bisa menggunakan alat itu ? Untuk hapal- hapalan doang ya ? Huaaaaaa..

      Hapus
  55. Nah dari sini aja ilmu anda sudah ketakar mas wkwkwkwk ini sang ketua loh mass wkwkwkwk

    Jng lupa hadist kedatangan nabi Isa kelak mas wkwkwkwk itu hadist paling jleebbb buat anda wkwkwkwk ilmu anda lagi saya peras loh mas wkwkwkwk
    Bersaing sah sah aja kok yg jelas dlm ajaran islam tdk ada membeda beda kan para nabi. Semuanya sama aja seorang suruhan utk umat manusia.

    Kaum anda dan kaum kaum lainnya sdh ckp kami ketahui melalui Quran kok mas. Saya mah biasa aja ngapain tersaingi wkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar.. Para nabi tetap berbeda...Semua tidak menjayakan maksar Indonesia... Kecuali nabi ADAM yamg selalu berjuang kejayaan Indonesia..Kamu harus faham dengan situasi dan kondisi serta jangka waktunya.. Kamu ini tinggal di Indonesia ataukah di Arab ? Kamu ini hidup jaman Muhammad ataukah di jaman satrio Piningit ?

      Hapus
    2. Yanuar... ketakar apanya ?.. Lha wong debatnya belum dimulai kok... komen -komen saya itu baru pEMANASAN dan belum sampai pada hal yang INTI... jadi kamu jangan bangga dulu... Lha wong kamu belum pernah menjawab pertanyaan saya.. kok kamu sudah bangga... Jawab dulu pertanyaaan saya.. setelah kamu menjawab dan jawabanmu benar minimal 5 soal, maka silahkan kamu bangga dengan ilmumu itu ...

      Hapus
    3. Yanuar.. Bagaimana mungkin Al-Quran dan hadist itu bisa mengenal kaumku ? Kaumkunitu kaum yang ilmunya tinggi yaitu ilmu sareat berbagai agama , ilmu hakekat berbagai agama, ilmu makrifat berbagai agama...juga ilmu NURILLAHI dan ilmu SIRRILLAHI.. juga ilmu hikmah.. juga ilmu komunikasi RUHANI..juga ilmu kebathinan ..juga ilmu biologi.. ilmu bumi.. ilmu tata surya.. ilmu tata galaksi dan ilmu pusat jagat raya...
      Sebaliknya kaum MUSLIM itu ngertinya cuma ucapan MUHAMMAD saja ( Al-Quran dan Hadist ) . Lagi pula MUHAMMAD itu cuma punyanilmu kebathinan satu arah saja.. ( bukan dua arah ). Ilmu hapalan Al-Quran dan hadist ini bagi saya adalah ilmunya anak SD yang menghapal rumus-rumus matematika tapi tidak tahu penerapan dalam kehidupan sehari-hari... Jadi ilmumu hapal Al-Quran dan hadist itu ilmunya anak SD..dan bukan ilmunya orang dewasa dan sarjana.

      Hapus
  56. Sdh sy bilang anda ini cuma nyaplok nama nabi Isa yg cm ada dlm kitab saya. Anda sdh gk PD sama bible anda sendiri makanya perlu nyaplok nama nabi Isa dari kitab saya. Fix maling.

    Bergaya anti arab dan anti Quran tapi maksa memakai istilah arab araban dan nyomot nama nabi Isa dlm kitab saya wkwkwkwk.

    Dan sdh sy katakan bhw ilmu anda masih jauh kemana mana krn anda masih serampangan utk menjawab semua pertanyaan saya diatas. Anda ngakunya sang ketua lo mas. Apa ia ilmu ketua cuma segini doank? Asli bodong amat anda mas.

    Anda masih pura pura gk tau atau anda memang gk pernah baca baca kitab saya. Knp?

    Krn klo anda ngaku tau siapa nabi Isa yg dikisahkan pd kitab saya itu maka anda sdh pasti tahu bhw nabi Isa dlm kitab saya tidak mati kesalib dan bukanlah tuhan. Sampe sini anda malu utk mengakui itu.

    Yesus yg anda akui sbg tuhan justru orang yg mati ditiang salib terkutuk konon utk menyelamatkan kalian jelas menurut kitab anda, lahh anda mau percaya sm kitab suci mana?

    Yesus atau Isa ini jelas berbeda sosok baik dlm kitab anda maupun kitab saya. Pls jng anda umbar kebodohan anda disini mas, krn pasti banyak yg akan baca disini.

    Jangan anda paksakan memakai nama nabi Isa utk pembenaran anda sementara disisi lain anda pun meyakini atas kematian yesus wkwkwkwk

    Sy suka ilmu sang ketua ini. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar.. Ilmu saya adalah ilmu terkini dan bukan ilmu jaman purbakala...

      Hapus
    2. Yanuar... Saya boleh mencaplok kitab apa saja... Saya boleh ,mencaplok bahasa apa saja.. Sebab saya ini wakilnya nabi ADAM sebagai pewaris bumi ini. Jika kamu wakilnya MUHAMMAD dan kamu menghina saya ( otomatis menghina ADAM juga ) maka harusnya kamu malu tinggal di bumi ini. Harusnya kamu tinggal di BULANN atau di BINTANG yang dipuja-puja olehmu dan umat MUSLIM itu..

      Hapus
    3. Yanuar.... Saya tetap PD.. sebab saya sudah seringkali berdebat dengan MUSLIM sepertimu... Mereka ternyata KEOK.. alias KOK dan bisanya cuma memblokir bahkan melaporkan akun saya , sehingga AUKN GOOGLE saya diblokir.. jadi buktinya umat MUSLIM ternyata PENGECUT.. tidak siap menerima kekalahan.... Huaaaa

      Hapus
    4. Yanuar... Betul sekali.. di sini banyak yang baca.. Jika kamu kalah dan KEOK .. maka kamu juga akan malu.. jadi jawablah pertanyaan dari saya.. Kamu kok bangga sekali.. dengan ilmumu.. sedangkan kamu belum bisa menjawab pertanyaaan saya yang mudah sekali...soal pilihan ganda itu kan soal untuk anak SD... Silahkan jawab.. pakai ilmu hitung kancing baju juga boleh .. kok.. Huaaa.. Huaa

      Hapus
    5. Yanuar... Arjuna berperang dengan BUTO CAKIL. Berarti ARJUNA ( ajaran JAWA ) itu anti BUTO CAKIL ( ajaran ARAB ). Akhirnya BUTO CAKIL MATI oleh kerisnya ( senjatanya sendiri ). Demikian juga kelak ajaran Arab ( dilambangkan BUTO CAKIL yang mulutnya MONCONG/ aliran KEMULUTAN/KECANGKEMAN ).. akan MATI oleh senjatanya sendiri yaitu Al-Quran dan HADIST..
      Saya berkata panjang lebar ini agar umat manusia itu bertambah luas ilmunya dan jangan malah mempersempit akal.
      Kamu harus bisa membaca lambang dan pralambang sebagaimana dalil Al-Quran yang berbunyi, " IQROK BISMIRABBIKA LADZI KHOLAQ"

      Hapus
    6. Yanuar.. Kesimpulannya boleh saja senjata lawan ( Al-Quran dan hadist ) saya gunakan untuk menyerang kamu /MUSLIM ( TUANnya sendiri ). Sebab dalam perang itu bebas menggunakan senjata apa saja , bahkan senjata lawan direbut lalu digunakan untuk mengalahkan pemilik senjata, juga dibolehklan. Apakah kamu tidak pernah nonton film peperangan atau film laga ?

      Hapus
  57. Hey sang ketua, ilmu anda masih level recehan dan itu hrs anda akui mas wkwkwkwk

    Nihhh simak penjelasan dari kalangan anda:

    Yesus kristus ternyata bukan Isa Almasih

    https://youtu.be/0aJ2MzCQCiQ

    Monggo anda diskusi sekalian debat deh tuhh sama kalangan anda sendiri. Silahkan mampir buat komen dikolom komentar disana mas. Sy mau liat aksi anda disana sejauh mana ilmu anda sekaligus ujian keilmuan anda.
    Sy mau nyimak sembari minum kopi.
    Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yanuar... Tempat Ini INDONESIA dan bukan ARAB.. kamu adalah TAMU di maksar INDONESIA.. tempatmu di ARAB dan bukan di maksar INDONESIA.. Kamu TAMU dan jangan MENYAKITI TUAN RUMAH.

      Hapus
    2. Yanuar... awal perkembangan MUSLIM dipenuhi dengan perang dan bunuh-bunuhan. Sedangkan awal perkembangan ajaran Indonesia adalah adanya MUSIBAH DAN BENCANA SERTA PENYAKIT SEBAGAI PERINGATAN DARI TUHAN.

      Hapus
    3. Yanuar.. ilmumu itu ilmu sareat saja dan belum mencapai ilmu hakekat belum juga makrifat...Jadi ilmumu itu ilmu hapalan saja..Jadi saya TIDAK KAGUM sama sekali..pada tingginya ilmu hapalanmu itu.

      Hapus
    4. Yanuar... Saya pejuang maksar Indonesia berjuang untuk kemerdekaan maksar Indonesia dari penjajahan sareat ARAB..Jadi yang saya lakukan adalah berdebat dengan pengikut ARAB dan bukan berdebat dengan teman saya sendiri...Apakah ada jemaah muslim yang mendebat ustadznya ? Apakah ada pengikut MUHAMMAD yang mendebat MUHAMMAD ? Dimana akalmu ?

      Hapus
    5. Yanuar.. Kamu salah sangka... saya bukan kalangan KRISTEN dan saya bukan kalangan ARAB... saya adalah kalangan maksar Indonesia...Jadi saya komen dan berkata demi kemerdekaan dan kejayaan maksar Indonesia... Sebaliknya kamu berkata dari konsep Arab dan membela ajaran ARAB serta untuk kejayaan Arab. Ibaratnya kamu itu agen Arab sedangkan saya ini pejuang maksar Indonesia.

      Hapus
    6. Yanuar... saya tidak ANTI AL-QURAN.. saya juga TIDAK ANTI ARAB.. Tapi yang saya ANTI adalah PERBUATAN ANGKARA MURKA dari UMAT MUSLIM di maksar INDONESIA.. Sebab ajaran ARAB ( MUSLIM ) itu tempatnya di ARAB.. Ajaran Indonesia tempatnya di INDONESIA.. semua sudah punya hak tempat sendiri-sendiri. jadi jangan ANGKARA MURKA.

      Hapus
    7. Yanuar... saya tidak perlu komen tentang YESUS itu ISA atau bukan. YESUS itu ISA atau bukan ISA bukan maslah bgai saya.. Yanmg menjadi maslah adalah maksar Indonesia masih dijajah oleh pengikut maksar ARAB ( MUSLIM ).

      Hapus
    8. Yanuar... Jika kamu keturunan Indonesia... maka kelak kamu akan kecewa sekali di alam kubur dan akerat. Sebab pria ARAB itu suka dengan wanita INDONESIA.. Maka istrimu kelak akan direbut poleh pria ARAB yang SENJATANYA BESAR dan PANJANG.. Maka istrimu akan lebih puas daripada sama senjatamu yang kecil mungil.. Lalu istrimu meninggalkanmu selama -lamanya dan dia berbahagia dengan pria ARAB yang PERKASA... RASAIN deh hatimu hancur lebur.. jadi BUDAK di ARAB..dan istrinya direbut pria ARAB yang doyan NGESEKS... Huaaaaaaa

      Hapus
    9. Yanuar... saat kamu sholat menghadap ke ARAB, maka ruhanimu itu NYOSOR-NYOSOR menuju ARAB. Waktu itu ada PRIA ARAB sedang kencing menghadap ke timur. Pas waktu itu ruh kamu mbejudul tepat dibawah penis pria Arab itu. Maka... MAK CUUUUURRRR.. air kencing pria Arab itu mengenai wajahmu... begitu terus menerus kejadiannya tiap kamu sholat. Oleh sebab itu otakmu penuh air kencing pria Arab. Makanya pikiranmu selalu cinta ARAB dan benci INDONESIA... FATAL sekali...deehh.

      Hapus
    10. Yanuar.. Jika kamu menilai ilmu saya itu recehan... maka bukltikanlah .. dengan cara kamu bisa menjawab semua pertanyaan saya..Jadi silahkan jawab dulu pertanyaaan saya itu.. Saya tunggu lho...Satu pertanyaan lagi untuk kamu dan muslim semuanya ;
      Soal : Siapakah yang selalu bersemayam dalam kakbah Arab selama beribu-ribu tahun lamanya ? Pilih saja :
      (a) TUHAN ALLAH SWT.
      (b) RUH-RUH LELUHUR BANGSA ARAB
      (c) JIN dan SETAN ARAB.
      Jika kamu tidak bisa menjawab pertanyaan ini, berati kamu tidak lebih dari manusia BEROTAK ONTA.( saya cuma membalas saja ).

      Hapus
    11. Kalau YESUS itu bukan ISA ALMASIH.. lalu kamu kira siapa ? Apakah MUHAMMAD itu mendapat sebutan YESUS ? Jadi ilmunya MUSLIM itu cuma ilmu RAGA saja.. Umat MUSLIM tidak tahu ilmu RUHANI.. ya begini seperi anak TK yang tidak faham bilangan NEGATIF...
      Siapakah pembawa ajaran KRISTEN ? Tentu ISA ALMASIH..! Jika umat KRISTEN memuja YESUS , maka tentunya yang dituju adalah ISA ALMASIH dan bukan MUHAMMAD.
      Sebaliknya umat MUSLIM memjua MUHAMMAD dan ALLAH. Lalu ALLAH yang mana ? Apakah ALLAH di dalam kakbah ARAb ataukah ALLAH dimulutnya MUHAMMAD ataukah ALLAH dalam BUMI ataukah ALLAH dalam matahari ataukah ALLAH dalam pusat galaksi ataukah ALLAH dalam pusat jagat RAYA ataukah ALLAH SILUMAN SETAN ? SETAN bisa juga ngaku ALLAH..
      Jadi harus jelas ALLAH yang mana ? Seperti umat KRISTEN berkata , " YA TUHAN ALLAH BAPA DI SURGA "..Inilah yang benar dan jelas..

      Hapus
  58. Yanuar.. YESUS itu..Entah ISA atau bukan itu tidak penting bagi saya..Yang terpenting bagi saya adalah bagaimana supaya bangsa Indonesia TIDAK DURHAKA. Jadi ilmumu itu TIDAK BERGUNA bagi KEJAYAAN maksar INDONESIA.. ILMUMU itu hanya berguna bagi ATRAB saja..

    BalasHapus
  59. Pada YANUAR... Semakin banyak kamu ngeyel, maka akan semakin banyak terungkap kebodohan umat MUSLIM... Huaaaaaaaaa
    YANUAR... YANUAR... Saya sudah berkali-kali mengalahkan orang MUSLIM seperti kamu.. Kamu ini cuma EKOR paling BUNTUT..cuma kebagian air kencing dan KOTORAN ONTA.. kok kamu SOMBONGnya bukan MAIN dihadapan saya... Saya RAMAL... kamu akan MATI oleh SENJATAMU sendiri.. seperti tokoh wayang BUTO CAKIL yang MATI oleh kerisnya sendiri..... Huaaaa... Huaaaaa.. Huaaaaa

    BalasHapus
  60. YANUAR... semua komen saya yang kotor dan menghina merupakan balasan dari penghinaan dari MUSLIM yang menuduh SESAT SIRIK MUSRIK dan KAFIR pada KAMI.. Balasan ini sesuai dalam hukum agamamu sendiri yaitu HUKUM QISHOS... Tentunya kamu lebih faham dengan HUKUM QISHOS...
    Tuduhan sesat sirik musrik dan kafir merupakan sengketa dunia akerat... Maka umat MUSLIM harus bisa mebuktikan tuduhannya itu.Jika umat MUSLIM tidak bisa membuktikannya maka huikumannya adalah umat MUSLIM akan masuk neraka . Setiap 1000 umat MUSLIM, maka cuma 1 orang muslim saja yang masuk surga. Sedangkan yang lainnya 999 orang muslim akan masuk NERAKA...hal itu dikarenakan umat MUSLIM suka MEMFITNAH .. ( menuduh tanpa bukti dan saksi ).

    BalasHapus
  61. Yanuar... AYO..... debat disini... dengan KARJANAGA... jika kamu kewalahan.. silahkan ajak ustadzmu... ajak semua MUSLIM .. ajak DAI DAI yang suka ceramah dengan bayaran TINGGI... Saya tunggu kedatanganmu... sesuai lagu MENUNGGU...
    Sekian lama.. aku menungggu.. untuk kedatanganmu.. ( TELOLET ).

    BalasHapus
  62. Yanuar... Kutunggu jawaban darimu....

    BalasHapus
  63. Yanuar.... Kutunggu jawaban darimu.....

    BalasHapus
  64. Yanuar... Kutunggu jawaban darimu.....

    BalasHapus
  65. Yanuar... Kutunggu jawaban darimu....

    BalasHapus
  66. Yanuar... Kutunggu jawaban darimu...

    BalasHapus
  67. Yanuar... Kutunggu jawaban darimu.....

    BalasHapus
  68. Tolong share SEJARAH NAMA ALLAH MENGAPA DIGUNAKAN DALAM ALKITAB KRISTEN..???

    BalasHapus
  69. Nama ALLAH dipakai dalam Kristen karena untuk mempererat bangsa Arab waktu itu serta mempermudah keyakianan bangsa Arab. Sebab sebelum Kristen sampai di Arab, waktu itu nama ALLAH sudah digunakan oleh agama-agama sebelumnya. Sebutan TUHAN Kristn dari asalnya itu YAHWEH. Nama YAHWEH ini juga sebutan atau gelar dan bukan nama diri . Sebuah kata sebagai sebutan atau gelar atau nama jenis dan golongan itu bisa dan boleh berubah sesuai bahasa yang digunakan. Misalnya kata manusia ini boleh dialih bahasakan menjadi jadi MAN, boleh NAS , boleh manungso dan lainnya sesuai bahasa yang digunakannya.
    Jadi nama ALLAH itu bukan nama diri yang tidak boleh dialih bahasakan , tapi merupakan nama sebutan yang boleh dialih bahasakan.
    Jika umat MUSLIM mengklaim nama ALLAH itu haknya dan umat agama lain dilarang menggunakannya , berarti umat MUSLIM itu PLAGIAT atpi mengaku sebagai PENCIPTA, juga EKOR taoi mengaku KEPALA, AKALnya sempit tapi mengaku ilmunya LUAS, NYUNGSEP dalam KAKBAH ARAB tapi mengaklu menuju ALLAH. MUSLIM juga sebagai TAMU di Indonesia ( JAWA ) tapi SEWENA-WENA pada KEJAWEN, MUSLIM itu numpang di NUSANTARA tapi seolah-olah jadi PENGUASA NUSANTARA. Padahal kelak diakerat ARAB , MUSLIM INDONESIA itu cuma jadi PEMBANTU di sana.. mereka tidak bakalan mendapat pangkat dan jabatan yang berarti. Sebab semua jabatan dan pangkat di maksar Arab tentu akan dipegang oleh keturunan bangsa ARAB sendiri.
    Kelakuan buruk dan nasib buruk MUSLIM diakerat kelak merupakan JEBAKAN SETAN atau TIPU DAYA SETAN. Hal itu disebabkan NABI MUHAMMAD sendiri TIDAK bisa membedakan mana yang bisikan TUHAN dan mana yang bisikan SETAN. Semua bisikan dalam hati MUHAMMAD dianggap bisikan TUHAN.Hal itulah yang sangat FATAL bagi umat MUSLIM.

    BalasHapus
  70. Perintis pertama nama ALLAH adalah Nabi IBRAHIM lalun diteruskan oleh ISMAIL , lalu bangsa ARAB , lalu sampai KRISTEN ARAB , lalu sampai MUHAMMAD (MUSLIM ). Nabi ISA atau YESUS itu juga keturunan Nabi ISHAK anak IBRAHIM.
    Jika di ARAB umat KRISTEN menggunakan nama ALLAH , maka sudah tepat sekali. Sebab umat KRISTEN mewakili ISA lalu mewakili ISHAK tentu ikut ayahnya yaitu IBRAHIM.
    Oleh sebab itu ajaran KRISTEN ada konsep TRINITAS yaitu ALLAH BAPA di surga ( sama saja IBRAHIM / TUhan mamapun tidak akan wujud pisik tapi diwakili oleh manusia ) , lalu RUH KUDUS merupakan kumpulan RUH-RUH SUCI yang mendukung ALLAH BAPA , lau TUHAN YESUS yang mengurusi umat KRISTEN. Inilah konsep yang benar.
    Jadi yang dekat dengan ALLAH itu sebetulnya umat KRISTEN dan bukan MUSLIM.
    Sedangkan konsep MUHAMMAD bahwa ALLAH itu berdiri sendiri , TIDAK PUNYA RUH, TIDAK PUNYA JARINGAN , tidak BERTEMPAT . Sedangkan MUHAMMAD sendiri dan umat MUSLIM tentu tidak bisa melihat ALLAH secara fisik. Dan kenyataannya umat MUHAMMAD lebih MENUHANKAN MUHAMMAD daripada menuhankan ALLAH.

    BalasHapus
  71. Umat MUSLIM itu jauh dari sifat-sifat ALLAH. MUSLIM itu cuma nyebut ALLAH-ALLAH. tapi dimulut saja. Sedangkan kelakuannya jauh dari sifat -sifat ALLAH. Umat MUSLIM itu cuma PATUH pada MUHAMMAD saja dan tidak PATUH pada TUHAN ALLAH saat ini.
    Dalam ajaran MUSLIM sendiri percaya akan TURUNNYA NABI ISA diakhir jaman.
    Fenomena TURUNNYA nabi ISA di akhir jaman itu bukan RAGANYA ISA turun ke BUMI itu bukan begitu. Tapi turunnya nabi ISA itu berupa ilmu-ilmu yang membenarkan ajaran KRISTUS dan mengkritisi kesalahan ajaran MUHAMMAD. Misalnya munculnya CRISTIAN PRINCES, juga munculnya saya KARJANAGA NUSANTARA merupakan wujud turunya nabi ISA atau YESUS KRISTUS ( PUTIH BERSIH ) di akhir jaman. Sebab bumi ini tanggung jawab ADAM , maka ADAMlah yang mengawali dan yang mewakili tanggung jawab pada TUHAN apapun nama TUHAN nya itu.

    BalasHapus
  72. Yanuar... Mana jawabanmu ? Silahkan tanya pada ustadz ABDUL SOMAD atau Ustadz BUYA YAHYA yang katanya ilmunya luas..yang sering menuduh MUSRIK pada SEDEKAH BUMI dan SEDEKAH LAUT.. yang saya pada KEPALA KERBAU dan tidak sayang pada KEPALA MUSLIM....Tidak rela memberikan kEPALA SEEKOR KERBAU... tapi tebusannya sangat MAHAL yaitu TSUNAMI ACEH...TSUNAMI SULAWESI..dan TSUNAMI BANTEN yang merupakan BASIS MUSLIM garis keras.... Huaaaaa...
    Ustadz BUYA YAHYA cuma tahu SAREAT ARAB saja dan belum tahu SAREAT BUMI.. juga belum tahu SAREAT TATA SURYA.. juga belum tahu SAREAT TATA GALAKSI.. dan belum tahu SAREAT TATA JAGAD RAYA... Huaa... huaaaa.. Huaaaa..

    BalasHapus